Demi si Dedek, Wanita Perlu Tahu Pantangan Selama Hamil, Jangan Kebanyakan Ngopi

Sabtu 14-10-2023,10:16 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

4. Mengonsumsi Makanan Mentah 

Pantangan ibu hamil yang perlu dihindari berikutnya adalah konsumsi makanan mentah atau belum matang sempurna, terutama telur, daging, ikan, dan sayuran mentah. Konsumsi makanan tersebut diketahui turut meningkatkan risiko infeksi bakteri Salmonella hingga keracunan makanan yang dapat mengganggu pertumbuhan janin di dalam kandungan. 

5. Mengonsumsi Ikan Laut Tinggi Merkuri 

Ikan laut yang mengandung merkuri tinggi merupakan makanan pantangan ibu hamil lantaran dapat mengganggu perkembangan otak janin. Beberapa jenis ikan laut tinggi merkuri yang perlu dihindari oleh ibu hamil di antaranya ikan makarel raja, ikan tuna (terutama tuna bigeye), ikan hiu, serta ikan todak. 

BACA JUGA:Rumah Bebas Bau Apek, Ini 7 Jenis Tanaman Hias yang Memiliki Aroma Menyegarkan di Dalam Rumah

6. Mengonsumsi Nanas Berlebih 

Nanas merupakan buah pantangan ibu hamil muda karena memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat memicu kontraksi rahim. Bila terjadi ketika usia kehamilan masih muda, kontraksi tersebut berisiko menyebabkan keguguran. Kendati demikian, ibu hamil masih diperbolehkan mengonsumsi buah nanas selama tidak dilakukan secara berlebihan. 

7. Kontak Langsung dengan Kotoran Hewan 

Kontak langsung dengan kotoran hewan, terutama kucing, dapat meningkatkan risiko penyakit toksoplasmosis pada ibu hamil. Pasalnya, kucing menjadi inang definitif dari parasit yang menyebabkan toksoplasmosis, yaitu Toxoplasma gondii. 

Ibu hamil yang mengidap toksoplasmosis dapat menimbulkan gangguan perkembangan janin, seperti cacat janin atau bahkan keguguran. Bila ditularkan pada bayi baru lahir, toksoplasmosis dapat menyebabkan kejang, pembengkakan organ hati, hingga gangguan jantung. 

BACA JUGA:Menderita Insomnia? Hadirkan 9 Jenis Tanaman Hias Ini di Kamar, Dijamin Bisa Tidur Nyenyak

8. Mengonsumsi Alkohol 

Mengonsumsi alkohol menjadi pantangan saat hamil karena dapat meningkatkan risiko cacat janin. Selain itu, konsumsi alkohol saat hamil juga turut menimbulkan fetal alcohol syndrome yang dapat mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan. 

9. Stres 

Stres merupakan reaksi tubuh ketika mendapatkan tekanan atau ancaman dari lingkungan sekitar. Kondisi ini membuat tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah banyak yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti depresi, hipertensi, hingga gangguan jantung. Bila dialami oleh ibu hamil, stres dapat menghambat asupan oksigen dan nutrisi pada janin. 

BACA JUGA:Umat Muslim Masuk Neraka Dulu Sebelum Surga, Benarkah? Simak Penjelasannya

Kategori :