Ini Agama Tertua di Dunia, Rupanya Bukan Islam Maupun Kristen yang Jumlah Penganutnya Terbanyak di Dunia

Jumat 03-11-2023,03:45 WIB
Reporter : Tim Liputan
Editor : Agus Faizar

6. Buddhisme (Buddha)

Buddhisme muncul pertama kali pada 500 SM. Siddhartha Gautama merupakan pendiri Agama Buddha. Ia merupakan seorang pangeran muda yang kaya asal Lumbini.

Dalam legendanya, ayah Siddhartha berkeinginan untuk melindungi anaknya dari segala penderitaan. Justru itu, ayahnya pun berinisiatif menyembunyikan semua orang sakit dan lanjut usia dari Siddhartha.

BACA JUGA:Kata Rasulullah, Manfaat Sedekah Tidak Main-main, Sedekah Tidak Harus Dengan Uang

Hanya saja seiring berjalannya waktu, di usia Siddhartha yang menginjak 29 tahun, ia dihadapkan dengan realitas penderitaan selama beraktivitas di luar istana.

Melihat kenyataan yang ada, Siddhartha memutuskan untuk melepas gaya hidup mewah dan mengambil sumpah untuk hidup dalam keadaan miskin.

Siddhartha memilih untuk meninggalkan istana untuk mendapatkan sebuah pencerahan. Setelah dirinya mati, para pengikut Siddhartha melanjutkan warisan yang ditinggalkan olehnya dengan cara mengubah ajaran Siddhartha menjadi sebuah Agama yang bernama Buddha.

BACA JUGA:Jangan Malas Sedekah, Ini Manfaat Sedekah Subuh Bisa Menjemput Rezeki Dari Berbagai Penjuru

Sejarah Agama Hindu

Menurut Buku Sejarah Agama Manusia oleh Mohammad Zazuli, kata Hindu berasal dari bahasa Sansekerta Sindhu, yaitu sebuah nama sungai di sebelah barat daya anak benua India. 

Dalam bahasa Inggris, anak sungai tersebut disebut Indus. Peradaban sungai Indus sudah ada sejak 3.300 SM.

BACA JUGA:Cari Rezeki Tidak Cukup hanya Kerja Keras, Amalkan Sholawat Ini 3 kali Setelah Sholat

Pada awalnya, istilah Hindu muncul untuk bangsa Persia untuk menyebut suku bangsa yang tinggal di seberang sungai Sindu. Sebutan ini bukan untuk suatu agama tertentu.

Kemudian istilah agama Hindu digunakan dalam teks berbahasa Sansekerta seperti Rajatarangini, Caitanyacaritamerta dan Caitanyabhagawata. 

BACA JUGA:Usahamu Sepi? Coba Baca 10 Doa Ini Agar Jualan Ramai Pembeli, Untung Banyak dan Berkah

Istilah Hindu juga digunakan para penjelajah Eropa untuk menyebut penganut agama tradisional India secara umum.

Kategori :