Arti Kode API Awalan S dan C Untuk Oli Mesin Mobil, Ternyata Huruf Kedua Menandai Kualitas Oli

Kamis 09-11-2023,00:52 WIB
Reporter : Tim Liputan
Editor : Agus Faizar

Biasanya semakin kecil angka di depan, akan semakin encer olinya. Huruf W setelah angka di depan menandakan sebagai arti winter atau musim dingin.

BACA JUGA:Jangan Salah, Oli Motor Matic 0,8 L, Bila Berlebih Motor Bisa Overheat

Lalu, bagaimana cara membaca kode oli ini? Misalnya, sebuah produk punya angka SAE 10w-40 artinya oli tersebut punya kekentalan 10 pada suhu dingin terendah.

Sedangkan angka di belakang menandakan kekentalan oli saat mencapai titik didih. Misal angka 40, berarti tingkat kekentalannya mencapai 40 saat suhu 100 derajat celcius. 

Semakin kecil angka depannya, semakin rendah potensi oli tersebut membeku di suhu paling dingin. Biasanya oli dengan angka rendah digunakan di negara beriklim dingin seperti Eropa dan Amerika.

BACA JUGA:Hai Vario Lovers, Ini Cara Periksa dan Ganti Oli Honda Vario 125 Kesayanganmu

Mobil-mobil di negara yang udara musim dinginnya cukup ekstrem biasanya membutuhkan oli dengan angka 0w di depannya.

Waktu Ganti Oli yang Tepat

Ketika sudah tahu cara membaca kode oli, sebaiknya Anda juga wajib tahu kapan waktunya ganti oli yang tepat. Usahakan ganti oli mesin setiap 5 ribu atau maksimal 7 ribu kilometer sekali.

Jika mobil setiap hari dipakai, usahakan tidak melebihi 5 ribu km. Namun untuk mobil yang jarang dipakai, bisa memakai patokan setiap 5 ribu km atau setiap 6 bulan sekali.

BACA JUGA:Jangan Tergiur Harga Murah di Pasaran, Ini 5 Cara Bedakan Oli Matic Asli dan Palsu

Usahakan jangan melewati batas waktu tersebut, karena kadar oli di dalam mesin sudah berkurang kualitasnya. Kemampuan oli sudah jauh menurun, sehingga lama kelamaan bisa menurunkan performa mesin.

Setelah mengetahui cara membaca kode oli pada mesin mobil, usahakan Anda bisa lebih paham dalam memilih oli yang tepat. Jangan sampai salah memilih oli untuk mobil kesayangan di rumah. 

BACA JUGA:8 Jenis Oli Matic yang Dianjurkan Untuk Honda vario 125 Kesayangan Bikers

Jika salah penanganan, performa mesin Anda bisa lebih berkurang. Jika sudah begini, tenaga mesin menjadi lebih loyo dan bahan bakar tentu jauh lebih boros.  

Selain mengganti oli mesin, Anda juga harus memantau kapan waktu untuk mengganti oli transmisi dan oli gardan. Walaupun sepele, ternyata oli gardan juga memiliki peranan penting dan wajib untuk di kontrol.

Kategori :