Pernah Disebut ‘Gila’, Pemuda Tuna Wicara Ini sekarang Dielu-elukan Setelah Sulap Pantai jadi Rindang

Senin 27-11-2023,11:58 WIB
Reporter : Hari Adiyono
Editor : Purnama Sakti

8. Tempat Wisata

Penghijauan juga bisa menimbulkan potensi sebagai tempat wisata. Contohnya adalah taman kota, banyak yang datang berkunjung ke taman kota untuk piknik atau sekadar berkumpul bersama teman sambil menikmati rindangnya pohon.

9. Menjaga Kelestarian Hutan Hujan Tropis

Pengaruh urbanisasi membuat banyak kawasan hutan hujan tropis dialihkan fungsi. Banyak hutan yang dijadikan jalan raya atau perumahan. Sementara, batang pohonnya ditebang untuk dijadikan kertas.

Padahal, hutan hujan tropis memiliki fungsi penting untuk udara dan juga makhluk hidup. Salah satu tujuan penghijauan adalah mencegah eksploitasi hutan hujan untuk menjaga lingkungan.

10. Sarana Terapi Kesehatan

Lingkungan yang hijau dan asri bisa dimanfaatkan untuk sarana terapi kesehatan, terutama kesehatan yang berhubungan dengan pikiran.

Mendatangi lingkungan dengan pemandangan hijau akan menghilangkan pikiran yang penat.

Bahkan suasana hijau dan asri tersebut dapat mengurangi stress yang sedang dialami.

BACA JUGA:Lulusan SMA hingga S1 Buruan Daftar, PT Topindo Atlas Asia Buka Lowongan Kerja Terbaru 27 November 2023

11. Mengurangi Debu di Udara Sehingga Mencegah Masalah Pernapasan

Debu yang bertebaran di udara dapat menjadi masalah yang serius jika tidak dikendalikan jumlahnya. Masalah tersebut dapat berupa gangguan kesehatan pernapasan yaitu infeksi saluran pernapasan, bronkitis, hingga penyakit paru yang kronis.

Penghijauan dapat mengurangi partikel debu tersebut. Pohon atau tanaman yang ditanam akan menyerap debu-debu tersebut.

Anda juga dapat menanam tanaman penyerap debu tersebut di dalam rumah, seperti Lidah Buaya, Spider Plant, serta tanaman Lidah mertua.

12. Meredakan Stres

Dalam studi di Journal of Environmental Horticulture dijelaskan, tanaman hijau dapat meredakan stres. Hadirnya tanaman hijau di dalam ruangan dapat membuat Anda dekat dengan alam.

Kategori :