Anjuran Buat Bunda untuk Terapkan 3 Pola Hidup Sehat untuk Buah Hati

Rabu 29-11-2023,15:50 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

3. Siapkan menu makanan yang sehat

Nutrisi makanan yang sehat sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak, maka dari itu berikan nutrisi-nutrisi berikut:

1. Protein

Selain berperan sebagai zat pembangun untuk membentuk jaringan tubuh yang baru, protein juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.  Oleh karena itu, protein sangat dibutuhkan oleh balita agar proses tumbuh kembangnya optimal. Dua protein yang dapat diberikan kepada anak yaitu daalh protein hewani dan nabati.

2.  Serat

Nutrisi lain yang tak boleh terlewat dalam pola makan sehat balita adalah serat. Ini karena serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan anak, serta mengontrol berat badan dan kadar gula darahnya. Serat banyak terkandung dalam sayur dan buah, misalnya melon. Oleh karena itu, biasakan Si Kecil untuk makan buah dan sayuran setiap hari.

3.  Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Ada dua jenis karbohidrat, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana bisa ditemukan pada gula atau makanan manis, sementara karbohidrat kompleks bisa ditemukan di makanan pokok, seperti nasi, kentang, dan pasta.

4. Lemak

Lemak juga termasuk nutrisi penting yang harus ada dalam pola makan sehat untuk balita. Pasalnya, lemak berguna untuk membantu penyerapan beberapa jenis vitamin, mengatur suhu tubuh, dan sebagai sumber energi.  Makanan yang orang tua berikan kepada anak sekarang, akan secara langsung membentuk preferensi makanan mereka di kemudian hari. Jadi parents harus memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk membantu tumbuh kembang Si Kecil.

4. Lakukan olahraga bersama Si Kecil

Anak-anak biasanya membutuhkan satu jam aktivitas fisik perhari. Olahraga yang dilakukan anak akan membantu anak aktif.  Aktivitas fiisik tidak hanya membantu anak untuk mempertahankan berat badannya, tetapi juga dapatmembantu anak untuk mengembangkan otak yang sehat.

5. Jangan biasakan anak untuk terus bermain gadget

Di zaman sekarang tidak dapat dihindari penggunaan gadget termasuk pada anak-anak, mungkin para parents boleh memberikan gadget pada anak tapi dalam porsi waktu yang pas. Parents juga harus mencontohkan kepada anak untuk tidak selalu memainkan gadget di depan anak.

Pantau dan selalu awasi anak saat bermain gadget, berikan tontonan dan games yang dapat mengasah kecerdasan anak-anak.  Anak juga perlu Batasan untuk tidur yang mencukupi agar berat badan anak tercukupi. 

6. Ajarkan Si Kecil Bersih-Bersih

Kategori :