Bentuknya Unik dan Rasanya Lezat, Ini Sejarah Cromboloni alias Pastri Prancis yang Lagi Viral

Kamis 14-12-2023,23:17 WIB
Reporter : Sheila SIlvina
Editor : Agus Faizar

Awalnya, Scott Cioe memberi nama kuenya The Supreme atau New York Roll. Dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Cioe mengungkapkan bahwa dia sengaja menciptakan kue New York Roll untuk memberikan sentuhan menarik dan lezat pada croissant. Keberhasilan kue ini terlihat dari antusiasme pelanggan yang langsung menyukai kue tersebut sejak pertama kali dijual.

BACA JUGA:6 Vihara Tertua di Indonesia, Selain Indah Bangunannya juga Sarat Dengan Cerita

Proses pembuatan New York Roll ternyata memakan waktu yang cukup lama dan memerlukan proses yang rumit. Sang chef membutuhkan sekitar tiga hari, dimulai dari pembuatan adonan, proses laminasi, hingga tahap pembakaran di dalam oven. Cioe tidak hanya mengandalkan teknik pembuatan pastry, tetapi juga menggabungkannya dengan teknik pembuatan donat (bomboloni), menciptakan suatu inovasi kuliner yang unik dan menggoda selera.

BACA JUGA:Rumah di Kota Bengkulu Ini Sejarah Penting Kemerdekaan Indonesia, dari Dalamnya Lahir Pemimpin Bangsa

Setelah sukses besar di Amerika, The Supreme atau New York Roll pun merambah ke berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Namun, dengan adanya modifikasi dan penggabungan dua teknik tersebut, kue ini kemudian diberi nama baru, yaitu cromboloni. Cioe telah berhasil menciptakan fenomena kuliner yang tidak hanya menarik perhatian di Amerika, tetapi juga meraih popularitas global.

BACA JUGA:4 Pura Bersejarah di Bali serta Cerita Menarik di Belakangnya, Salah Satunya Pura Lempuyang Luhur

Secara tekstur, cromboloni memang mirip dengan pastry pada umumnya, dengan kekarakteristik yang garing, renyah, dan bertekstur. Kelebihannya kemudian terletak pada berbagai pilihan isian pasta yang ditawarkannya, seperti cokelat, greentea, red velvet, taro, vanila, dan masih banyak lagi. Semua faktor ini bersama-sama menjadikan cromboloni sebagai kue viral yang tak hanya lezat tetapi juga menggoda selera di seluruh dunia.

BACA JUGA:Rumah Fatmawati, Tempatnya di Tengah Kota, Salah Satu Tujuan Wisata di Bengkulu

Berikut adalah resep Cromboloni yang dapat Anda coba untuk menyajikan kelezatan ini saat Natal:

1. Bahan:

- Puff pastry Edo

- Selai coklat/matcha/pistachio

- Mentega secukupnya

- Kacang Pistachio

2. Cara:

- Siapkan 1 lembar puff:

Kategori :