3 Amalan dan Doa yang Membuat Seseorang Berumur Panjang dan Berkah Menurut Islam

Jumat 22-12-2023,06:02 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Artinya: “Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : “Ya Tuhan Kami, keluarkanlah Kami niscaya Kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah Kami kerjakan”. dan Apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun”.

BACA JUGA:Manfaat Jalan Kaki Agar Panjang Umur, Berapa Langkah dalam Sehari? Ini Ulasannya

Setiap orang tentu sangat menginginkan rezekinya bertambah, amalannya diterima oleh Allah SWT dan umurnya berkah serta diperpanjang dalam melakukan kebaikan. Persoalannya, bagaimana cara tambah umur dan mendapat kebaikan-kebaikan itu? 

Tiga Amalan Ringan

Menurut ajaran Islam ada amalan-amalan yang bisa kita lakukan untuk memperpanjang umur kita. Ini termasuk menjaga gaya hidup sehat, dengan kita menyambung silaturahmi, bersedekah, berbakti kepada orang tua, mempelajari dan mengajarkan Alquran kepada orang lain.

BACA JUGA:7 Makanan dan Minuman yang Membuat Panjang Umur, 2 Diantaranya Rempah Dapur

1. Beriman kepada Allah 

Orang yang beriman biasanya menghadapi hidupnya dengan penuh optimisme. Riset kesehatan membuktikan, seorang yang optimistis biasanya berusia lebih panjang dari mereka yang pesimistis. Allah SWT berfirman, yang artinya “Sembahlah Allah, bertaqwalah kepada-Nya dan taatlah kepada-Ku, niscaya Allah mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan kamu sampai batas waktu yang ditentukan.” (QS. Nuh [71]: 3-4)

BACA JUGA:Disebut 7 Kali Dalam Al Quran, Ini Daftar Makanan yang Bikin Panjang Umur, Gampang Dicari

2. Silaturahmi

Dari Anas ra, berkata: saya telah mendengar Rasulullah saw., bersabda “Siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah menyambung hubungan silaturahmi” (Shahih Bukhari Juz III)

Orang yang memperbanyak silaturahmi akan dipanjangkan umurnya. Dengan banyak bersilaturahmi ia akan banyak melakukan kebaikan dengan orang lain, yang berarti pula ia akan banyak mendapatkan pahala. 

“Perbuatan kebaikan menahan kejadian buruk dan sedekah yang tersembunyi memadamkan kemurkaan Rabb serta menyambung hubungan rahim menambah umur.” (HR. Ath-Thabrani, Shahih al-Jami’ No. 3797)

BACA JUGA:4 Kebiasaan di Malam Hari yang Dipercaya Bisa Membuat Umur Jadi Lebih Panjang, Coba Buktikan

3. Berbakti kepada orang tua

Barang siapa berbakti kepada orang tua, maka dia akan memperoleh kebahagiaan panjang umur yang penuh keberkatan.” (HR Imam Abu Ya’la dan Thabrani)

Kategori :