Penuh Akan Kandungan Nutrisi, Lantas Apa Boleh Minum Cincau Setiap Hari?

Kamis 14-03-2024,03:55 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Ternyata Kolang-kaling Punya Manfaat Gizi yang Istimewa, Berikut Cara Konsumsi Kolang Kaling untuk Tulang

3. Mencegah diabetes

Sebuah uji klinis menyatakan bahwa mengonsumsi cincau dapat menjaga kadar gula darah. Khasiat ini diduga karena sifat antioksidan yang dimiliki cincau. Antioksidan dapat mencegah stres oksidatif yang diketahui sebagai salah satu pemicu penyakit diabetes melitus.

BACA JUGA:5 Resep Olahan Ayam Chinese Food Ala Resto, Rasa Mewah Bikin Sahur Jadi Semangat, Wajib Dicobain

Serat yang terkandung dalam cincau juga berperan dalam menjaga keseimbangan kadar gula darah. Serat tidak dapat dipecah dan diserap oleh tubuh, sehingga konsumsinya tidak memicu lonjakan gula darah.

4. Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung

Cincau mengandung serat dan klorofil yang bermanfaat untuk mencegah hiperlipidemia. Kondisi ini ditandai dengan tingginya lemak jahat dalam darah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit di pembuluh darah dan jantung, seperti hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke.

BACA JUGA:Menu Sahur agar Puasa Tidak Lemas, Ini Daftar 6 Menu Anti Ribet, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Namun, penelitian mengenai cincau dan manfaatnya dalam mencegah hiperlipidemia baru dilakukan pada hewan. Diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas cincau dalam mencegah hiperlipidemia pada manusia.

BACA JUGA:7 Cara Membuat Gorengan Renyah dan Garing untuk Takjil Ramadhan, Dijamin Keluarga Ketagihan

5. Menyembuhkan diare

Senyawa bioaktif dalam cincau juga mempercepat penyembuhan diare. Pada dosis tertentu, ekstrak daun cincau juga memiliki kemampuan menyembuhkan diare yang setara dengan loperamide atau obat diare.

Penelitian cincau sebagai obat diare tersebut baru dilakukan pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

BACA JUGA:Bikin Tempe Jadi Menu Spesial, Yuk Cobain Resep Masakan dari Olahan Tempe untuk Sahur Ramadhan

Untuk mendapatkan manfaat cincau di atas, pastikan kamu mengonsumsi cincau yang diproses dengan bersih dan tanpa tambahan bahan kimia maupun pemanis buatan.

BACA JUGA:Masakan Favorit Keluarga, Ini Resep Chinese Food yang Menggugah Selera saat Berbuka Puasa

Kategori :