Deretan Fakta Gunung Padang yang Membuat Arkeolog Dunia Melongo, Indonesia Jadi Sorotan

Minggu 14-04-2024,08:23 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Namun, akhirnya pada tahun 2018, situs ini resmi mendapatkan sertifikat sebagai cagar budaya nasional, sehingga namanya berubah menjadi cagar budaya nasional Gunung Padang.

Menurut penelitian, Gunung Padang merupakan sebuah situs unik yang memiliki struktur berundak yang menarik perhatian. 

BACA JUGA:Menggegerkan Dunia, Ilmuan Berhasil Ungkap Misteri Gunung Padang

Berdasarkan beberapa sumber, situs ini diyakini sebagai peninggalan zaman prasejarah, terutama era megalitikum atau zaman batu besar. 

Terdapat banyak peninggalan berupa batuan yang digunakan sebagai tempat peribadatan, yang hingga kini masih berdiri meskipun mengalami kerusakan baik dari dalam maupun dari luar. Kerusakan internal disebabkan oleh pertumbuhan tumbuhan liar dan erosi. 

Sementara kerusakan eksternal disebabkan oleh wisatawan yang tidak terkendali, vandalisme, dan perilaku orang yang merusak batuan-batuan tersebut. 

Akibat faktor-faktor ini, banyak batu punden yang lepas, miring, retak, patah, bahkan ada yang jatuh ke lereng dan kaki bukit.

BACA JUGA:Soroti Kecurangan Pemilu, Khatib Picu Jemaah Bubar, Ternyata Ini Alasan Dibalik Ceramahnya

Apakah gunung padang adalah piramida tertua? Gunung Padang diakui oleh National Geographic sebagai struktur piramida tertua di dunia berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Indonesia pada tahun 2018 dan disampaikan dalam pertemuan american geophysical union. 

Bukti-bukti ini didukung oleh perbedaan gunung padang dengan bukit-bukit biasa setelah bertahun-tahun penelitian.

Situs ini terdiri dari serangkaian struktur kuno yang diperkirakan berusia sekitar 10 ribu tahun atau bahkan mungkin lebih tua. 

Penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa lapisan pertama gunung padang berusia sekitar 3.500 tahun, sedangkan lapisan kedua berusia sekitar 8.000 tahun, dan lapisan terdalam diperkirakan berusia hingga 28.000 tahun.

BACA JUGA:Daftar Harga Ipad Terbaru April 2024, Termurah Dibanderol Rp 4 Jutaan

Gunung padang bukan piramida? Dari banyaknya masyarakat yang menganggap bahwa gunung padang memiliki struktur yang sama dengan beberapa piramida, seorang arkeolog dari Universitas Padjadjaran, dr. Lutfi Yondri mengatakan bahwa gunung padang bukanlah situs piramida. 

Menurut beberapa sumber, beliau menjelaskan bahwa situs gunung padang sebenarnya merupakan punden berundak. 

Situs ini pertama kali ditemukan oleh verbeek pada tahun 1891 dan kemudian oleh krom pada tahun 1914. Dr. Lutfi juga menjelaskan, bahwa tidak ada perubahan bentuk yang signifikan pada gunung padang berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan. 

Kategori :