Sudah Ada Sejak Abad ke 19, Ini Daerah Penghasil Harta Karun Batu Bara di Sumatera Barat

Jumat 03-05-2024,21:51 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

4. Lembah Harau

Indahnya Lembah Harau menjadikannya salah satu tempat wisata Sumatera Barat terfavorit wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman). 

Pemandangan alam yang ditawarkan mungkin akan membuat energi terisi kembali. 

Bagi pecinta wisata ekstrem, titik panjat tebing setinggi lebih dari 50 meter mungkin atraksi wisata yang patut dicoba. Saat berkunjung ke Lembah Harau, kamu bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang indah, serta belajar kebiasaan masyarakat setempat yang tidak segan memperkenalkan kearifan lokal.

BACA JUGA:Sejarah, Pemkab Lebong Raih Opini WTP 8 kali Berturut-turut

5. Danau Singkarak

Jika ingin melihat ikan bilih yang merupakan endemik Singkarak, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata Sumatera Barat yang satu ini. Ikan bilih diketahui pertama kali ditemukan dua peneliti Belanda, Weber dan Beaufort, pada 1912. 

Ikan bersisik perak berkilauan ini hanya bisa berkembang hingga ukuran sekitar 5 cm. Sembari mengarungi danau dan melihat seperti apa bentuk ikan bilih, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. 

Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat. Saking besarnya, danau ini membentang pada dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar.

BACA JUGA:Ternyata Mudah dan Sederhana, Begini Cara Mengasah Pisau Tumpul Menjadi Tajam dengan Pasta Gigi

6. Jembatan Kelok Sembilan

Jembatan ini sebenarnya merupakan ruas jalan yang menghubungkan antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang berkelok-kelok dan berada di sekitar 30 kilometer sebelah timur dari Kota Payakumbuh. 

Jalan tersebut membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

BACA JUGA:Tertarik Menjadi Calon Kades? Ini 13 Syarat Daftar UU Desa Baru, Wajib Dipenuhi!

Jembatan kelok sembilan ini mempunyai tikungan yang sangat tajam dengan lebar yang mencapai 5 meter, berbatasan langsung dengan jurang dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. 

Kini jembatan itu makin cantik dengan beragam pembangunan yang dilakukan di sana.

Kategori :