Apakah Orang Susah Bayar Utang Bisa Dipenjara? Seperti Ini Ketentuan Hukum Indonesia

Senin 20-05-2024,07:44 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Pada intinya, suatu masalah utang piutang tentu bisa saja dibawa ke ranah hukum apabila ada perjanjian yang dianggap sah.

BACA JUGA:Ini Khasiat Daun Rambutan untuk Lelaki Dewasa Jika Diminum Rutin

Cara Menagih Utang yang Susah Bayar

Menghadapi situasi menagih utang memang bisa menjadi tantangan yang sulit dan rumit, terutama tergantung pada orang yang berutang.

Namun, seringkali dalam proses menagih utang ini, hubungan pertemanan bisa terganggu. Pernyataan ini pasti akan disetujui oleh banyak orang, karena di antara mereka pasti pernah mengalami situasi serupa.

Menghadapi situasi menagih utang memang bisa menjadi tantangan yang sulit dan rumit, terutama tergantung pada orang yang berutang.

BACA JUGA:Siapa Sangka, Ternyata 5 Daun Ini Ampuh Tambah Stamina Pria, Lebih Aman dan Mudah Didapat

Namun, seringkali karena persoalan menagih utang hubungan pertemanan bisa menjadi berantakan. 

Pernyataannya ini pastinya tak sedikit orang yang akan menyetujuinya karena diantara mereka tentu pernah atau sering mengalaminya.

Lantas bagaimana cara menagih hutang kepada orang susah bayar? Berikut 7 cara menagih hutang kepada orang yang susah bayar

1. Punya Mental Baja

Memiliki mental baja harus dimiliki dalam nagih utang. Salah satunya nagih dengan terus terang. Misalnya, Sudah terlalu lama nih uang tidak dibalikkan.

BACA JUGA:Ini Ciri Orang Sulit Bayar Utang, Rezekinya akan Selalu Kurang

Cara ini Anda juga bisa memberikan batas waktu untuk mengembalikan utangnya, seperti “uang dikembalikan tanggal 25 bulan ini ya. Jangan meleset, mau bayar tagihan yang lain’. 

Memang agak sedikit menyeramkan ya, tapi mau bagaimana lagi? Tapi ingat ya, lakukan cara ini dengan tegas bukan secara emosional agar utang dibayar dan hubungan pertemanan tetap berjalan aman.

2. Katakan Secara Langsung

Kategori :