Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama Digigit Kelabang, Sederhana Bisa di Rumah

Minggu 26-05-2024,07:28 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Wow! Simak Ini 10 Jenis Mobil Presiden di Dunia dengan Harga Selangit, Apa Saja?

Perawatan gigitan kelabang di rumah bisa sangat efektif dalam mengurangi gejala dan mempercepat penyembuhan jika dilakukan dengan benar.

Langkah-langkah seperti membersihkan luka, merendam dalam air hangat, mengompres dengan es, mengoleskan salep, serta mengonsumsi obat pereda nyeri dan antihistamin dapat membantu mengatasi gigitan kelabang secara efisien.

Namun, jika gejala yang dialami semakin parah atau tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Gigitan kelabang dapat diidentifikasi dengan dua bekas tusukan di mana serangga tersebut menyuntikkan racunnya ke dalam kulit.

BACA JUGA:Begini Cara Mengusir Kelabang atau Lipan dari Rumah, Amalkan Doa Nabi Sulaiman

Nah, area di sekitar gigitan tersebut bisa menjadi merah dan bengkak. Sementara itu, jumlah rasa sakit yang dirasakan akan ditentukan oleh jumlah racun yang disuntikkan ke dalam gigitan.

Kelabang yang lebih kecil menghasilkan racun yang sangat sedikit. Gigitan mereka mungkin sebanding dengan sengatan lebah dalam hal rasa sakit. Namun, kelabang yang lebih besar dapat menghasilkan lebih banyak racun, sehingga menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Rasa sakit, kemerahan, dan bengkak akan segera muncul pasca gigitan. Gejala-gejala ini dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung dari ukuran dan jenis kelabang yang menggigit.

BACA JUGA:Review iQOO Z9X, Ponsel Kelas Menengah Spesifikasi dan Fitur Tinggi, Harga Ramah di Kantong

Selain itu, ada juga beberapa gejala lain yang dapat terjadi dan mengindikasikan reaksi alergi yang parah, termasuk:

- Demam.

- Panas dingin.

- Mual.

- Pembengkakan ekstrem di lokasi gigitan.

- Pembengkakan kelenjar getah bening.

Kategori :