Ambang Batas Maksimal Makan Mie Instan? Begini Penjelasannya Serta Akibat Jika Terlalu Sering

Sabtu 15-06-2024,15:15 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

1. Gangguan pencernaan

Mie instan sebenarnya merupakan jenis makanan yang tidak mudah dicerna, sehingga membuat kerja sistem saluran cerna menjadi lebih berat.

Bila dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak, bahaya mie instan yang satu ini dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

BACA JUGA:Ini Penyebab Usus Kotor dan Cara Mudah Bersihkan Usus dengan Detox Alami

2. Tekanan darah tinggi

Bumbu yang digunakan di dalam mie instan biasanya memiliki kandungan garam atau natrium yang tinggi. Di dalam satu kemasan mie instan terkadnung sekitar 890 mg natrium.

Jumlah natrium tersebut belum ditambah dari kandungan natrium dalam makanan lain yang Anda konsumsi pada hari yang sama.

BACA JUGA:Jangan Diabaikan Bila Usus Kotor, Yuk Simak! Ini Cara Mudah untuk Mendetox Usus

Padahal, asupan natrium yang disarankan setiap harinya tidak lebih dari 2.400 mg atau setara 6 gram garam.

Bahaya mie instan ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang mengemukakan bahwa konsumsi natrium yang terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan rusaknya pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

BACA JUGA:Sering Disepelekan, Ini Tanda Usus Kotor dan Cara Membersihkannya, Semuanya Wajib Tahu

3. Penyakit jantung

Mie instan juga menggunakan MSG (monosodium glutamat) untuk meningkatkan rasa menjadi lebih gurih. Kandungan MSG dan natrium yang tinggi di dalam mie instan tidak hanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi juga memicu berbagai gangguan pada jantung.

Oleh karena itu, penderita hipertensi dan gagal jantung tidak disarankan untuk mengonsumsi mie instan guna menghindari bahaya mie instan yang satu ini.

BACA JUGA:Ini Cara Membuat dan Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan, Tak Perlu ke Klinik untuk Tampil Cantik

4. Gangguan ginjal

Kategori :