Terungkap, Ini Alasan Beberapa Merek Mobil Harganya Bakal Turun di Tahun 2024

Kamis 20-06-2024,20:15 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Dengan kembalinya dealer setelah kelangkaan yang parah, tahun 2024 sepertinya menjadi saat yang tepat untuk membeli mobil baru.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah seiring dengan kenaikan harga minyak, semakin hemat bahan bakar mobil Anda, semakin sedikit masalah yang akan Anda hadapi.

Pada Januari 2024, harga rata-rata sebuah mobil baru di AS adalah $47,401. Kuncinya adalah memilih mobil kecil, yang diperkirakan akan mengalami penurunan harga dibandingkan model mewah. SUV juga diperkirakan akan turun harganya seiring dengan penurunan harga mobil kecil.

BACA JUGA:Produk Baru, Ponsel Lipat Vivo X Fold 3 Pro Resmi Meluncur, Ini Ulasan Spesifikasi dan Harganya

Harga Mobil Bekas Tahun 2024

Harga rata-rata sebuah mobil bekas di AS pada bulan Februari 2024 adalah $25,151, menurut Kelley Blue Book.

Pasokan kendaraan bekas diperkirakan akan meningkat pada akhir tahun 2024. Selama beberapa tahun terakhir, harga mobil bekas melonjak karena semakin sedikit mobil baru di pasaran dan permintaan yang tinggi.

Namun, dengan kembalinya produksi mobil baru, harga mobil bekas mulai stabil dan bahkan cenderung turun.

Menurut Cox Automotive, pasar kendaraan bekas akan mengalami pertumbuhan kurang dari 1% pada tahun 2024. Hal ini menunjukkan bahwa pasar mulai pulih dari dampak pandemi.

Jonathan Banks dari JD Power menyatakan bahwa harga kendaraan bekas akan turun, namun keterjangkauan mobil akan tetap menjadi masalah.

Meskipun begitu, kendaraan dengan harga terjangkau mulai menghilang dari pasar. Jika Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang sama seperti tahun 2019, itu adalah cerminan dari inflasi.
Harga mobil bekas untuk beberapa model masih lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi.

BACA JUGA:3 Manfaat Dana Darurat Sebagai Perisai Finansial Menghadapi Situasi tak Terduga, Apakah Kamu Sudah Punya?

Perkembangan Kendaraan Listrik (EV)

Tahun 2024 juga akan menjadi tahun penting bagi kendaraan listrik (EV). Pemerintah memberikan lebih banyak insentif dan diskon untuk kendaraan listrik, membuatnya lebih terjangkau bagi konsumen.

Beberapa produsen seperti Tesla, Ford, dan Nissan telah menurunkan harga EV mereka. Menurut Sean Tucker, editor senior Kelley Blue Book, hal ini terjadi karena kendaraan listrik kelas atas telah membayar harga untuk penelitian dan pengembangan di masa lalu, dan sekarang saatnya menjaring pembeli potensial yang lebih luas.

Kendaraan listrik masih membutuhkan waktu untuk menjadi lebih ramah, tetapi mobil hybrid kini menjadi pilihan populer karena perawatannya yang rendah dan efisiensi bahan bakarnya yang tinggi.

Kategori :