Cara Daftar KIP Kuliah 2024 Via Handphone, Ikuti Langkah-langkahnya di Sini

Kamis 04-07-2024,07:56 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Lebih lanjut, pertimbangan khusus bisa dilakukan dengan dukungan bukti dokumen yang sah, seperti: 

  1. Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4 juta setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000 
  2. Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu 
  3. Kriteria lainnya termasuk siswa difabel, berasal atau tinggal di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) seperti Papua dan Papua Barat, serta dalam kondisi khusus karena bencana atau faktor lain.

BACA JUGA:Catat, Ini Ketentuan Baru KIP Kuliah 2024 dan Cek Jadwal Pendaftarannya

Bantuan uang saku KIP Kuliah 2024 

Nantinya, penerima KIP Kuliah 2024 akan memperoleh bantuan uang saku yang diberikan setiap bulan dan bantuan pendidikan per semester. 

Besaran bantuan ini tidak sama untuk setiap daerah, yang dibedakan berdasarkan klaster dan akreditasi dari prodi yang diambil. 

Rincian bantuan uang saku, besaran bagi daerah klaster 1 sebesar Rp 800.000, klaster 2 Rp 950.000, klaster 3 Rp 1,1 juta klaster 4 Rp 1,25 juta, dan klaster 5 Rp 1,4 juta. 

BACA JUGA:Cara Mengurus SKTM untuk Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024, Bisa Offline Maupun Online!

Sementara itu, besaran bantuan pendidikan diberikan maksimal Rp 12 juta bagi penerima yang kuliah di prodi akreditasi A, maksimal Rp 4 juta bagi penerima yang kuliah di prodi akreditasi B, dan maksimal Rp 2,4 juta bagi penerima yang kuliah di prodi akreditasi C.

Tips Lolos KIP Kuliah 2024

Jika kamu ingin mendaftar program KIP Kuliah 2024, berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan peluangmu lolos seleksi:

1. Cek persyaratan

Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh KIP Kuliah, seperti yang sudah disebut sebelumnya.

2. Daftar online

Kamu bisa mendaftar program KIP Kuliah secara online melalui laman resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

BACA JUGA:PIP Pencairan Termin 2 Juli 2024, Ini Siswa SD SMP SMA Penerima Pencairan BLT PIP

3. Siapkan dokumen pendukung

Kategori :