Begini Cara Mengetahui Weton dengan Mudah, Hanya Lewat Tanggal Lahir dan Tahun

Jumat 05-07-2024,20:13 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Weton juga dapat diketahui berdasarkan hitungan bulan dan tahun Jawa. Biasanya, cara ini digunakan oleh masyarakat untuk memprediksi musim hujan, musim kemarau, musim panen, jumlah panen, dan lain sebagainya

Terdapat 12 nama bulan di dalam kalender Jawa. Sedangkan nama tahunnya terdiri dari 8 Jenis.

Contohnya, jika kamu lahir pada Jumadil Awal dan tahun Wawu, maka jumlahkanlah keduanya, sehingga didapatkan hasil 6 + 6 = 12.

BACA JUGA:Katanya, Kelebihan Weton Tulang Wangi Bisa Menaklukkan Raja Jin, Benarkah?

Dari pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa cara menghitung weton secara manual tidak sulit untuk dilakukan, asalkan mengetahui rumusnya.

Dengan begitu, diharapkan masyarakat Jawa dapat menentukan hari baik untuk berbagai kebutuhannya.

BACA JUGA:Mengenal Weton Tulang Wangi 1 Suro Berdasarkan Perhitungan Kalender Jawa

Sebagai informasi, berikut weton tertinggi dan yang paling istimewa yang perlu diketahui:

Weton Tertinggi 

Mengutip buku Berguru pada Jogja tulisan M. Nasruddin Anshoriy Ch dan Zainal Arifin Thoha, Sabtu Pahing diyakini merupakan weton yang paling tinggi. Itu karena Sabtu Pahing memiliki angka neptu terbesar, yakni 18.

Neptu sendiri merupakan nilai tertentu dari masing-masing hari umum maupun hari pasaran. Neptu 18 yang ada pada weton Sabtu Pahing berasal dari jumlah neptu Sabtu (9) dan neptu Pahing (9).

Menurut Balqis Khayyirah dalam buku 60 Detik Langsung Bisa Membaca Kepribadian, orang yang lahir pada Sabtu Pahing biasanya lebih emosional dan tempramental. Namun, mereka juga mudah memaafkan.

Selain itu, meski cenderung waspada jika menyangkut masalah materi, mereka yang memiliki weton lahir Sabtu Pahing termasuk orang yang royal dan siap membantu teman ataupun kerabat dekat.

BACA JUGA:Begini Cara Mudah dan Syarat Pinjam Uang di BCA, Simak Apa Saja 6 Jenis Pinjaman di BCA

Weton Paling Istimewa

Dari 35 weton, hanya ada enam weton paling istimewa menurut primbon Jawa, yaitu Senin Pon, Rabu Pahing, Kamis Pahing, Kamis Legi, Jumat Legi, dan Sabtu Pahing. Dikatakan demikian karena keenam weton tersebut memiliki kepribadian yang bernilai positif jika dibandingkan dengan weton lainnya.

Kategori :