Harta Karun di Tapanuli Selatan, Ada Emas Jumlahnya Terbanyak Nomor Dua di Indonesia

Selasa 09-07-2024,10:12 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Tidak lama setelah itu di bulan Desember 2007 jumlah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah bertambah satu lagi, yaitu Sarudik sehingga jumlah kecamatan seluruhnya 20 kecamatan.

Untuk sukunya sendiri, daerah Tapanuli kebanyakan diisi dengan suku Batak, Minang, Jawa-Madura, Bugis, Cina, Aceh, Melayu, hingga Sunda. Namun, kebanyakan dari penduduk yang tinggal di daerah tersebut didominasi dengan suku Batak.

Lantas, bagaimana mata pencarian dari daerah Tapanuli ini? 

Berikut penjelasannya seperti yang disebutkan dalam jurnal Potensi dan Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Tapanuli karya Supriono Sinaga.

BACA JUGA:Kriteria Honorer Dapat Prioritas Istimewa pada Seleksi CPNS dan PPPK 2024, Ini Prioritas yang Akan Lolos

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, karena perbedaan yang ada di antara rakyat Tapanuli, kehidupan bermasyarakat di daerah tersebut bisa dikatakan rukun, aman, tertib, dan saling menunjukkan toleransinya satu sama lain.

Untuk mata pencahariannya sendiri, rakyat Tapanuli memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Sebelumnya perlu diingat bahwa kawasan Sumatera Utara cukup bermasalah di bidang ekonomi. 

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa cara dilakukan untuk memajukan perekonomian rakyat Tapanuli. Seperti yang telah disebutkan, salah satu caranya adalah memanfaatkan sumber daya alam.

Umumnya, daerah di sekitar Tapanuli memiliki berbagai macam lahan, seperti perkebunan atau bahkan pantai. Oleh karena itu, kebanyakan rakyat yang ada di sekitar memilih untuk menjadi petani atau nelayan.

BACA JUGA:Besaran Gaji untuk CPNS 2024 Lulusan SMA/SMK, Berikut Formasi yang Dibuka

Namun, tidak hanya di sektor pertaniannya, hingga kini masyarakat Tapanuli juga memanfaatkan jasa dan industri pengolahan sebagai mata pencaharian lainnya. 

Pada sektor jasa misalnya, ada aktivitas perdagangan komoditi unggulan hasil pertanian dan produk kerajinan industri rumah tangga.

Tidak hanya itu, ada juga pekerjaan yang bergerak di bidang pengangkutan, komunikasi dan perbankan lembaga keuangan. 

BACA JUGA:Rindu Nostalgia, Nokia 105 (2024) 2G Resmi Meluncur, Ponsel Terbaru dengan Fitur Klasik

Semakin berkembangnya pembangunan di daerah Tapanuli, maka semakin banyak pula pekerjaan yang terbuka untuk rakyat di daerah tersebut.

Demikian ulasan mengenai cadangan harta karun emas di Tapanuli Selatan. Semoga bermanfaat.

Kategori :