Inilah Daftar 7 Pinjol Legal 2024 Bisa Cair Mulai Rp 500 Ribu, Tanpa Syarat KTP

Selasa 09-07-2024,13:11 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Hal ini memberikan keamanan kepada konsumen bahwa mereka tidak akan menghadapi perlakuan yang tidak adil selama proses penagihan.

Ketentuan penagihan tertulis di pasal 102 POJK 10.2022, yang menyatakan bahwa lembaga pinjol wajib melakukan penagihan kepada peminjam dengan memberi SP (surat peringatan) sesuai jangka waktu dalam perjanjian. SP tersebut memuat informasi seperti:

- Jumlah hari keterlambatan pembayaran kewajiban;
- Posisi akhir total pendanaan yang belum dilunasi atau pokok terutang;
- Manfaat ekonomi pendanaan; dan
- Denda yang terutang.

BACA JUGA:Segini Harga Motor Matic Honda Per Juli 2024, Simak Spesifikasinya

5. Tergabung dalam AFPI

Keanggotaan dalam Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) adalah indikator kuat keamanan dan kredibilitas penyelenggara pinjaman.

Keanggotaan ini menandakan bahwa pinjol telah menjalani proses seleksi dan pemantauan yang ketat, serta berkomitmen pada praktik bisnis yang bertanggung jawab dan etis.

Sebagai calon peminjam, memilih pinjol yang terafiliasi dengan AFPI memberikan tingkat kepercayaan dan keandalan yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa di Kabupaten Jeneponto Tahun 2024, Laporkan jika Ada Penyelewengan

6. Memiliki Website dan Aplikasi Resmi

Keberadaan website dan aplikasi resmi adalah hal krusial dalam mengidentifikasi pinjol legal. Menggunakan platform resmi dapat memudahkan konsumen untuk verifikasi informasi dan mendapatkan layanan dengan lebih efisien.

Dari web dan aplikasi tersebut, pengguna dapat melihat testimoni dari pengguna layanan agar dapat meyakinkan diri untuk menggunakan layanan.

Demikianlah informasi daftar 7 pinjol legal 2024, bisa cair mulai Rp 500 ribu tanpa syarat KTP. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :