Gus Baha Beberkan Waktu Paling Mustajab Berdoa, Waktu Terbaik Itu hanya 30 Menit

Rabu 10-07-2024,19:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Gus Baha beberkan waktu paling mustajab berdoa, waktu terbaik itu hanya 30 menit.

Umat Islam hanya dibolehkan meminta kepada Allah SWT. Silakan minta apapun kepada Allah SWT, asalkan permintaan itu yang baik-baik saja.

Namun terkadang kita mendengar keluhan sudah sering berdoa hanya saja belum juga dikabulkan. Untuk diketahui, menurut para alim ulama ada waktu yang paling baik untuk memanjatkan doa.

BACA JUGA:Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman Rp 10 Juta KUR Pegadaian Syariah 2024 untuk Modal Usaha UMKM

Salah satunya disampaikan KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. Disampaikan Gus Baha, doa di waktu mustajab harus diprioritaskan dibandingkan waktu lainnya. 

Salah satu waktu ijabah yaitu sepertiga malam, yang biasanya digunakan untuk sahur dan shalat tahajud.

“Saya itu mendoakan buyut-buyut itu di waktu ijabah. Waktu ijabah itu pukul 03.00 atau 03.30 WIB,” jelasnya saat haul Masyayikh Pondok Damaran 78 di Pondok Pesantren Mazroatul Ulum, Kudus.

Gus Baha menjelaskan, alasannya lebih memprioritaskan doa di waktu mustajab karena sesuai dengan tuntunannya Allah dan Rasul-Nya. 

BACA JUGA:BRI Cabang Curup Pastikan Tindak Tegas Oknum Pegawai Yang Terlibat Fraud

Sehingga secara sanad dan dalil memiliki jalur yang jelas serta kuat. Selain itu, Allah juga memberikan perhatian khusus pada waktu tersebut.

Adapun waktu ijabah yang diajarkan Nabi Muhammad yaitu waktu sepertiga malam, hari Jumat, saat puasa, dan berbuka puasa. 

Waktu mustajab lainnya yaitu saat sujud dalam shalat, antara adzan dan iqamah, malam lailatul qadr, dan setelah shalat fardlu.

“Saya itu kalau mendoakan orang yang dihormati habis maghrib seperti yasinan bersama itu sebagai formal saja, maka nanti malam tak ulang lagi pukul 03.30 WIB atau setelah Ashar di hari Jumat. Karena itu waktu ijabah,” imbuh Gus Baha.

BACA JUGA:5 Jenis Pinjaman di Pegadaian 2024, Syarat Pengajuan, Bunga dan Tabel Angsuran Pinjaman Rp1-50 Juta

Waktu Ijabah Doa

Kategori :