Mau Liburan ke Luar Negeri? Ini Syarat Liburan ke Malaysia Terbaru 2024

Kamis 11-07-2024,17:40 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Ada satu syarat baru yang perlu kamu pahami ketika hendak pergi ke Malaysia yakni warga negara asing yang masuk untuk tujuan tertentu termasuk liburan harus punya yang namanya Malaysia Digital Arrival Card (MDCA).

BACA JUGA:Tertarik Punya Mobil Toyota Agya GR Sport? Yuk Cek Simulasi Kredit dan Cicilannya di Sini

Terhitung 3 hari sebelum kedatangan turis ke Malaysia. Peraturan ini baru saja rilis di tanggal 1 Januari tahun 2024 ini. 

MDAC atau Malaysia Digital Arrival Card adalah formulir yang harus diisi langsung oleh pengunjung atau turis asing yang masuk ke Malaysia. 

Tujuan dari adanya formulir ini untuk memproses masuk ke Malaysia menjadi lebih sederhana dan hanya butuh waktu singkat karena data-data yang dibutuhkan memang lebih simple. 

BACA JUGA:Ini Daftar Nama Paskibraka dan Asal Sekolah yang Diumumkan Pemkab Seluma 2024

Dengan adanya MDAC ini pengunjung dari berbagai macam negara bisa langsung menggunakan layanan autogate atau pntu masuk yang sifatnya otomatis saat berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). 

Berikut ini cara dapatkan MDAC:

1. Masuk ke website https://imigresen-online.imi.gov.my/mdac/main untuk melakukan registrasi sesuai petunjuk yang tertera. 

2. Lanjut kamu bisa mengisi data diri dan kebutuhan perjalananmu. 

Data yang dibutuhkan adalah akomodasi selama di Malaysia, keberangkatan, tanggal kedatangan, asal negara, nomor paspor dan biodata diri lebih lengkap. 

3. Jika sudah jangan lupa cek kembali kemudian submit data. 

Lanjut cek email yang kamu gunakan dan PIN yang sudah diberikan. 

4. Langkah keempatnya kamu bisa kembali ke https://imigresen-online.imi.gov.my/mdac/main kemudian klik bagian Tab “Check Registration Info.” 

5. Kamu bisa memasukkan nomor paspor, kewarganegaraan dan PIN yang sudah amu dapatkan sebelumnya. 

6. Submit dan unduh file MDAC yang bentuknya berupa file PDF. 

Kategori :