dr Boyke Menjawab Penyebab Haid Tidak Lancar dan Cara Mengatasinya, Konsumsi Makanan Berikut

Jumat 12-07-2024,09:15 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - dr Boyke menjawab penyebab haid tidak lancar dan cara mengatasinya, konsumsi makanan berikut. 

Normalnya setiap bulan setiap wanita akan mengalami periode haid atau menstruasi. Namun pada beberapa wanita, ada suatu massa haid tidak lancar.

Jika kondisi ini dialami sudah pasti akan membuat khawatir. Jika haid tidak lancar, bisa saja menandakan ada sesuatu yang tidak beres. 

Untuk diketahui setiap bulan, salah satu ovarium melepaskan sel telurnya ke rahim. 

Sementara itu, rahim telah bersiap untuk proses pembuahan dan pertumbuhan embrio. Jika tidak terjadi pembuahan, maka tubuh akan melepaskan lapisan rahim melalui vagina yang disebut menstruasi. 

Menstruasi merupakan proses bulanan yang terjadi pada wanita yang sudah mengalami pubertas. Menstruasi rata-rata terjadi setiap 23-35 hari dalam sebulan. 

Setiap wanita akan mengalami fase menstruasi yang berbeda-beda, hal tersebut merupakan hal yang normal dan akan menjadi tidak normal jika perubahan siklus terjadi sangat tidak teratur setiap bulannya.

Menstruasi yang tidak teratur terjadi karena beberapa faktor. Terkait dengan beberapa penyebab menstruasi tidak lancar, dr Boyke memaparkan mengenai beberapa faktor yang menjadikan siklus haid yang tidak teratur.

"Paling sering yang terjadi adalah gangguan dari hormonal itu sendiri, misalnya remaja saat sedang mau ujian atau tes PNS. Stres itu mikir diterima gak ya, gimana ya ngisi datanya, nah biasanya menstruasinya itu aur-auran,” ungkap dr Boyke. 

Dr Boyke juga mengatakan, penyebab menstruasi tidak teratur juga bisa disebabkan karena adanya infeksi akibat keputihan.

"Kemudian mereka yang terinfeksi, keputihan itu didiamin aja, itu kalau gak diobati akan infeksi seperti jamur dan sebagainya, sehingga menstruasinya bisa karena selaput lendir di rahimnya lebih mudah luruh," kata dr Boyke. 

dr Boyke juga menjelaskan mengenai fase menstruasi yang normal bagi perempuan. 

"Lima sampai tujuh hari yang normal. Siklusnya 21 sampai 35 hari jedanya. Lebih dari itu sudah dianggap tidak normal,” jelas dr Boyke.

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Jika mengalami fase tersebut, dr Boyke menyarankan agar tidak terlalu mencemaskannya. Sebab menurutnya, kecemasan dapat menambah stres pada tubuh sehingga memperlama menstruasi.

Kategori :