Donald Trump Ditembak saat Kampanye Pilpres, Ini 12 Presiden AS yang Tewas dan Selamat dari Percobaan Pembunuh

Minggu 14-07-2024,13:07 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

INTERNASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Donald Trump ditembak saat kampanye Pilpres, ini 12 presiden AS yang tewas dan selamat dari percobaan pembunuhan.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terluka setelah penembakan di kampanyenya di Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024). 

Donald John Trump adalah pebisnis, presenter acara realitas, politikus, dan Presiden Amerika Serikat ke-45. Lahir dan besar di Queens, Kota New York, Trump meraih gelar sarjana dari jurusan ekonomi Wharton School of the University of Pennsylvania pada tahun 1968.

BACA JUGA:Selain Donald Trump, Ini Deretan Kepala Negara yang Pernah Ditembak

Insiden ini memperpanjang daftar kelam upaya pembunuhan terhadap presiden ataupun mantan presiden AS. 

Trump langsung dievakuasi oleh tim pengamanannya ke mobil SUV dan dibawa pergi. Setelah suara ledakan terdengar, Trump dikatakan sempat terjatuh ke tanah. 

Dia kemudian dihadang kembali oleh petugas keamanan dan wajahnya berlumuran darah. Trump lantas balas berteriak ke arah massa sambil dibawa pergi oleh petugas keamanan. 

BACA JUGA:Kondisi Terbaru Donald Trump Usai Dikabarkan Ditembak Saat Kampanye, Begini Respon Pejabat AS

Dia bahkan sempat mengepalkan tangan ke arah massa. Sejauh ini, Secret Service AS menyatakan Trump dalam kondisi aman.

Upaya pembunuhan terhadap presiden ataupun mantan presiden AS sudah lama menjadi catatan hitam negara berusia 248 tahun tersebut. 

Dalam sejarah panjangnya, AS sudah memiliki 46 presiden dan banyak dari mereka yang menghadapi upaya pembunuhan. 

BACA JUGA:Donald Trump Dikabarkan Ditembak, 1 Orang Tewas

Sebanyak empat presiden AS tewas dibunuh, dan delapan presiden serta mantan presiden lolos dari upaya pembunuhan, termasuk Trump. 

Artinya, satu dari enam presiden AS menghadapi upaya pembunuhan. Pembunuhan pertama terjadi pada 1865 yang menewaskan Presiden Abraham Lincoln dan yang terakhir pada 1963 yang membunuh John F. Kennedy. 

Enam presiden yang lolos dari pembunuhan adalah Andrew Jackson, Ronald Reagan, Franklin D. Roosevelt, Gerald Ford, Harry S. Truman, dan George W. Bush. Sementara itu, mantan presiden yang lolos dari pembunuhan adalah Trump dan Theodore Roosevelt.

Kategori :