5. Oktan 98
Di Indonesia dikenal dengan nama Pertamax Turbo (produksi Pertamina). Disarankan untuk kendaraan dengan rasio kompresi diatas 12:1. Dengan nilai oktan 98, harga yang dipatok untuk Pertamax Turbo relatif terjangkau.
Dari penggunaan BBM sesuai rasio kompresi diatas, kita bisa melihat betapa pentingnya rasio kompresi tersebut, lantas apa yang akan terjadi jika penggunaan BBM mobil tidak sesuai dengan dengan rasio kompresi kendaraan?
BACA JUGA:Kenali 5 Perbedaan Spare Part AHM Asli dan Palsu, Jangan Sampai Salah Beli
Efek Pemakaian Bahan Bakar yang Tidak Sesuai
Menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin. Masalah tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Mesin jadi ngelitik
Pada dasarnya, setiap kendaraan harus diisi bahan bakar sesuai spesifikasinya agar RON atau oktan dapat bekerja dengan baik. Ron atau oktan adalah nilai kekuatan bahan bakar terhadap tekanan sebelum terbakar dengan sendirinya.
Jika oktan yang digunakan lebih rendah dari yang dibutuhkan, maka ada potensi terjadi pre-ignition pada mesin. Pre-ignition terjadi jika campuran udara dengan bahan bakar sudah terbakar sebelum busi menyala atau memercikkan api. Akibatnya, mesin jadi ngelitik dan berpengaruh pada performanya.
2. Mempercepat masa pakai busi
Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan sudah pasti membuat pembakaran kurang sempurna. Akibat dari hal ini adalah munculnya residu pada busi, sehingga dapat memperpendek masa pakainya.
Misalnya, jika biasanya masa pakai busi adalah sekitar 40.000 kilometer, akibat pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan, maka busi bisa overheat dan masa pakainya berkurang.
3. Timbulnya kerak pada ruang bakar
Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan juga akan menyebabkan ruang pembakaran kotor dan penuh kerak. Tumpukan endapan karbon akan membuat performa mesin terus menurun seiring waktu. Lama-kelamaan, mesin pun akan rusak, khususnya di bagian piston, stang piston hingga klep.
4. Kerusakan pada ECU