Ini Cara Aman Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan, Biar Tidak Mundur

Senin 15-07-2024,20:46 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Ketika menghadapi tanjakan yang terjal, opsi semi-manual ini sangat membantu. Pengemudi dapat memilih gigi yang sesuai untuk memberikan tenaga yang lebih besar tanpa harus bergantung sepenuhnya pada transmisi otomatis. 

Dengan demikian, mobil dapat menanjak dengan lebih lancar dan terkontrol.

BACA JUGA:Daftar Harga Mobil Matic Baru Murah Kisaran Rp200 Jutaan di Tahun 2024, Ada 6 Rekomendasi Terbaik

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan mobil matic Anda mampu menanjak dengan baik dan aman.

Penting untuk selalu memahami fungsi dan penggunaan setiap fitur pada mobil Anda agar dapat mengoptimalkan kinerjanya dalam berbagai kondisi jalan, termasuk di tanjakan. 

Selain itu, menjaga kondisi mobil, terutama transmisi dan mesin, dalam keadaan prima juga merupakan kunci agar performa mobil tetap optimal. 

BACA JUGA:Cek Daftar Mobil Matic Turun Harga Tahun 2024, Jadi di Bawah Rp100 Juta

Jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan, sehingga mobil selalu siap digunakan di berbagai situasi, termasuk saat harus melewati jalanan yang menanjak. 

Dengan pemahaman dan persiapan yang baik, mengendarai mobil matic di tanjakan bukan lagi menjadi tantangan yang sulit.

Perlu diketahui bahwa pada mobil matic terdapat beberapa kode yang harus Anda pahami maksud dan fungsinya untuk apa saja.

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Matic Murah di Tahun 2024, Semua Pilihan Budget di Bawah Rp200 Juta

Pada umumnya, kode tuas persneling pada mobil matic adalah P – R – N – D – 3 – 2 dan L. Semua persneling tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Dengan mengetahui kode dan fungsinya, diharapkan Anda bisa meminimalisir resiko kecelakaan karena salah memasukkan tuas persneling.

1. P

Arti P adalah singkatan dari parking. Tuas P ini memiliki fungsi untuk mengunci roda mobil matic agar tetap diam. Tuas ini bisa Ada pilih pada saat ingin memarkirkan kendaraan.

2. R

Kategori :