12 Bank di RI Lenyap 2024, Ini Tanda-tanda Bank akan Bangkrut dan Solusi Bagi Nasabah

Rabu 17-07-2024,11:14 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Salah satu metode penilaian tingkat kesehatan bank adalah risk profile. Penilaian ini mencakup penilaian terhadap risiko inheren dan kualitas penerapan manajemen risiko dalam operasional bank. Salah satu risiko yang dinilai adalah risiko kredit.

Bank yang sehat akan memiliki mekanisme pertimbangan yang komprehensif dalam memberikan kredit, sehingga minim kasus kredit macet.

Sebaliknya, bank yang tidak sehat tidak menerapkan risiko kredit yang memadai. Alhasil, banyak terjadi kasus kredit macet dan gagal bayar terhadap pinjaman atau pembiayaan yang diberikan.

BACA JUGA:Tak hanya Michat, Ini 6 Aplikasi yang Sering Digunakan untuk Prostitusi Online, Segera Cek HP Pasangan!

3. Adanya Suku Bunga Deposito Tinggi

Mendapatkan bunga deposito atau simpanan yang tinggi tentu merupakan berkah tersendiri bagi nasabah. Dengan bunga yang tinggi, Anda bisa mendapat keuntungan yang besar atas dana yang disimpan.

Adapun suku bunga deposito terlalu tinggi adalah suku bunga yang angkanya di atas tingkat bunga penjaminan LPS.

Pasalnya, tingkat bunga simpanan yang melebihi bunga penjaminan bisa saja dinyatakan tidak layak bayar ketika bank mengalami kebangkrutan dan izinnya dicabut.

BACA JUGA:Jika Bank Bangkrut, Apakah Tabungan Nasabah Akan Kembali?

4. Nasabah Kesulitan dalam Menarik Dana

Sebagai nasabah, Anda berhak melakukan penarikan dana kapanpun dalam jumlah berapapun. Bahkan menarik semua dana yang disimpan di bank itu juga merupakan hak yang tidak bisa diganggu.

Maka saat mengalami kesulitan dalam menarik dana, bisa jadi itu salah satu ciri bank tidak sehat. Kesulitan ini misalnya adanya pembatasan penarikan dana dalam nominal tertentu tanpa penjelasan yang memadai dari pihak bank.

Itulah terkait tanda bank bangkrut atau tidak sehat yang bisa Anda ketahui. Selain itu, pahami juga beberapa penyebab utama di balik bank bangkrut dan tantangan ekonomi yang mereka hadapi.

BACA JUGA:Investasi Menguntungkan, Begini Cara Investasi di Brimo dan Beli SBN

Penyebab Bank Bangkrut

1. Kredit Bermasalah

Kategori :