Ini 16 Ciri-ciri Hamil Muda dari yang Umum hingga yang Jarang Diketahui, Serta Tips Saat Hamil Muda

Rabu 17-07-2024,18:42 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

Sembelit bisa menjadi tanda kehamilan akibat peningkatan hormon progesteron yang memperlambat pergerakan usus. Ini membuat Bunda lebih sulit buang air besar.

2. Mood Swing

Perubahan suasana hati atau mood swing juga bisa terjadi. Bunda mungkin merasa lebih mudah marah atau gelisah karena perubahan hormon yang memengaruhi emosinya.

BACA JUGA:Teknik dan Cara Pijat Kaki untuk Ibu Hamil, Rasakan 4 Manfaatnya

3. Sakit Kepala

Peningkatan hormon dan aliran darah bisa menyebabkan sakit kepala pada beberapa wanita hamil. Volume darah tambahan sekitar 50 persen saat hamil bisa menjadi penyebabnya.

4. Indera Penciuman Lebih Sensitif

Hidung Bunda mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau. Beberapa aroma yang sebelumnya tidak mengganggu bisa menjadi sangat menyengat dan menyebabkan mual atau perubahan suasana hati.

BACA JUGA:Orang Minang Sudah Tahu Belum? Ini Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Minang, Salah Satunya Duduk di Depan Pintu

5. Keluar Bercak Darah (Flek) dari Vagina

Flek darah atau perdarahan implantasi bisa terjadi saat embrio menempel di dinding rahim. Ini biasanya hanya berupa beberapa tetes darah berwarna merah muda, kekuningan, atau kecokelatan.

6. Kram Perut

Kram perut akibat implantasi embrio juga bisa terjadi. Kram ini biasanya terasa ringan dan singkat, berbeda dengan kram menstruasi yang lebih intens dan berlangsung lebih lama.

BACA JUGA:Bolehkah Wanita Hamil Melayat Orang Meninggal? Begini Hukumnya Menurut Islam

7. Perubahan Nafsu Makan

Pada trimester pertama, nafsu makan Bunda bisa berubah. Sebagian calon ibu mengalami penurunan selera makan karena mual, sementara yang lain justru merasa lebih lapar.

Kategori :