Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi, Sebentar Lagi Ada 2 Jenis BBM Baru, Apa Itu?

Kamis 18-07-2024,08:47 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

Menteri Arifin menyoroti pernyataan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yang menyebut Pemerintah akan ada pembatasan pembelian BBM pada 17 Agustus mendatang. "Tidak ada pembatasan-pembatasan, masih belum ini kok," ujarnya.

Arifin menegaskan, rencana tersebut masih dalam pembahasan lebih lanjut, baik itu skemanya maupun aturannya. Karena Pemerintah ingin BBM bersubsidi tepat sasaran penyalurannya. " Yang subsidi, kita lagi mempertajam dulu, arahnya kita mau tepat sasaran jadi diperdalam lagi," pungkasnya.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Ini Daftar Mobil yang Boleh Isi BBM Pertalite

Apa Manfaat BBM Rendah Sulfur?

Serupa dengan namanya, BBM rendah sulfur adalah bahan bakar minyak yang mengandung lebih sedikit sulfur. BBM rendah sulfur disebut juga sebagai BBM ramah lingkungan.

Sulfur adalah unsur kimia non-logam poliatomik yang diidentifikasi dengan huruf S dengan nomor atom 16.

Di Indonesia, sulfur kerap disebut sebagai belerang. Sulfur memiliki warna kuning terang dengan bau khas mirip seperti telur busuk.

Sulfur ditemui di setiap bahan bakar mesin diesel karena berfungsi membuat kadar asam pada bahan bakar kendaraan semakin besar.

Kandungan sulfur di BBM menentukan nilai oktan yang menunjukkan seberapa baik kualitas BBM tersebut untuk kendaraan diesel.

Semakin rendah kandungan sulfurnya, maka BBM tersebut semakin ramah lingkungan. Begitu sebaliknya.

Dilansir dari laman One Solution Pertamina, Pertamina pernah memproduksi bahan bakar rendah sulfur yaitu Low Sulphur Fuel Oil (LSFO).

LSFO adalah bahan bakar kapal yang memiliki kekentalan atau viskositas hingga maksimal 180 cSt pada temperatur 50 derajat C.

Bahan bakar ini digunakan pada industri perkapalan yang menggunakan mesin diesel putaran rendah dengan kandungan sulfur dibatasi maksimum 0.5 persen sesuai dengan regulasi Marpol serta peraturan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Daftar Mobil Diesel yang Tidak Bisa Beli Solar Subsidi

Bila mengacu pada kendaraan pribadi, ada beberapa model mobil mesin diesel yang mengonsumsi BBM Solar subsidi. Jika aturan ini sudah disahkan, mobil-mobil diesel pribadi tidak bisa lagi menggunakan.

Itulah pembahasan rencana pembatasan BBM bersubsidi, sebentar lagi ada 2 jenis BBM Baru.

Kategori :