Mengapa Bengkulu Dijuluki Bumi Rafflesia? Ini Alasan dan Fakta Menariknya

Kamis 18-07-2024,15:55 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

2. Tempat Kelahiran Fatmawati

Hj. Fatmawati lahir pada 5 Februari 1923 di Bengkulu, Hindia Belanda. Ia merupakan Ibu Negara Pertama RI dari tahun 1945 hingga tahun 1967. Ia istri dari Presiden Soekarno dan ibunda dari Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Fatmawati juga dikenal karena jasanya dalam menjahit Bendera Sang Saka Merah Putih, yang dikibarkan ketika upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta, pada tanggal 17 Agustus 1945.

Di Kota Bengkulu, terdapat Rumah Fatmawati yang merupakan tempat kediaman Fatmawati. Saat ini, Rumah Fatmawati telah ditetapkan Pemerintah Daerah Bengkulu menjadi aset sejarah.

3. Terdapat Benteng Malborough

Sebagai kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatera, Kota Bengkulu juga memiliki benteng yang besar yaitu Benteng Malborough. Benteng tersebut merupakan peninggalan Inggris dan menjadi benteng terkuat kedua Inggris di wilayah timur ketika itu.

Benteng Malborough berlokasi di Jalan Benteng, Kebun Keling. Benteng ini berdiri di atas tanah seluas 44.000 meter persegi dan 8,5 meter di atas permukaan laut (mdpl)

BACA JUGA:Tempat Camping di Alahan Panjang Sumbar, Pemandangan Alam dan Suasananya Mirip di Switzerland

4. Tempat Pengasingan Soekarno

Selain sebagai tempat kelahiran Fatmawati, Kota Bengkulu juga merupakan tempat pengasingan Ir Soekarno yang berlokasi di jantung Kota Bengkulu.
Tepatnya di Kelurahan Anggut, Kecamatan Ratu Samban. Rumah tersebut ditempati pada 1938-1942.

5. Festival Ikan-ikan

Dilansir laman resmi Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Festival Ikan-ikan merupakan festival yang memamerkan tarian dengan properti menyerupai boneka ikan, dengan bambu sebagai kulitnya, ukuran yang besar, dengan pernak-pernik sebagai hiasan tambahan.

Ikan-ikan diarak dan digerakkan sesuai dengan irama dan syair dari musik melayu yang didendangkan.

Festival tersebut bertujuan untuk mensyukuri rahmat Tuhan atas hasil panen ikan yang berlimpah.

Demikianlah ulasan mengenai, ini alasan mengapa Bengkulu dijuluki Bumi Rafflesia, cek juga fakta menarik dari Bengkulu.

Putri Nurhidayati

Kategori :