Perlu Dicatat, Apa Saja Jenis Mobil Honda yang Masih Bisa Isi Pertalite di 2024

Jumat 19-07-2024,22:42 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Perlu dicatat, apa saja jenis mobil honda yang masih bisa isi pertalite di 2024.

Pemerintah diyakini akan segera membatasi distribusi BBM subsidi jenis Pertalite. Kebijakan ini akan mencantumkan sejumlah daftar mobil dan motor yang tidak boleh mengisi Pertalite, dengan rencana penerapan mulai tahun ini.

BACA JUGA:Apa Saja Jenis Mobil Toyota yang Bisa Isi BBM Subsidi Jenis Pertalite di Tahun 2024 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menyatakan bahwa nantinya tidak semua kendaraan akan bisa mendapatkan akses ke Pertalite dan BBM subsidi lainnya.

Pembatasan ini didasarkan pada perubahan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. 

BACA JUGA:Tarik Ulur Pembatasan BBM Subsidi, Ini Pernyataan Menteri ESDM Tentang Pembelian Pertalite 2024

Meskipun revisi peraturan ini belum resmi diterbitkan, pembahasannya telah berlangsung selama lebih dari satu tahun.

"Targetnya (pembatasan BBM subsidi) tahun ini harus jalan, dalam beberapa bulan ini lah. Kan sudah setahun, drafnya sudah setahun," ujar Arifin di Kementerian ESDM.

BACA JUGA:Pembelian BBM Pertalite dan Solar Subsidi Dibatasi 17 Agustus! Ini Kendaraan yang Dilarang

Arifin menekankan bahwa aturan distribusi BBM subsidi harus tepat sasaran agar negara tidak mengalami kerugian. Revisi aturan tersebut akan mencantumkan kriteria masyarakat sebagai penerima BBM subsidi. 

Kriteria ini sebelumnya tidak ada dalam Perpres 191/2014, sehingga Pertalite dan Solar bisa digunakan oleh siapa saja.

Abdul Halim, anggota Komite BPH Migas, pernah menyatakan bahwa pembatasan ini diwacanakan berlaku untuk mobil dengan kapasitas mesin lebih dari 1.400 cc. 

BACA JUGA:BBM untuk Ambulans, Apakah Boleh Pakai Subsidi atau Tidak? Ini Aturannya

Jika diterapkan, mobil-mobil di bawah 1.400 cc masih bisa mengisi Pertalite. Selain itu, untuk motor, ketentuannya adalah mesin di bawah 150 cc yang boleh mengisi Pertalite.

Untuk jenis mobil honda yang masih bisa isi pertalite hanya Honda Brio 1.199 cc. Honda Brio dengan kapasitas mesin 1.199 cc masih diperbolehkan mengisi Pertalite karena kapasitas mesinnya di bawah 1.400 cc. 

Kategori :