Simulasi Asuransi Mobil Sinarmas, Cek Tabel Rate Preminya, Lengkap dengan Cara Klaimnya

Rabu 24-07-2024,19:22 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Berikut ini adalah faktor-faktor yang berperan dalam menentukan harga asuransi mobil

1. Harga kendaraan

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi biaya asuransi mobil adalah harga kendaraan itu sendiri. Semakin mahal harga kendaraan yang kamu miliki, semakin tinggi pula biaya premi asuransi asuransi yang mesti kamu bayarkan. 

Mengapa demikian? Karena jika kendaraan kita mengalami kerusakan atau pencurian, biaya perbaikan atau penggantiannya tentu akan lebih tinggi. Oleh karena itu, premi asuransi mobil untuk kendaraan mewah cenderung lebih tinggi daripada kendaraan yang lebih terjangkau.

BACA JUGA:Persyaratan Pinjaman Kupedes BRI, Plafon Rp 50 Juta Bebas Biaya Provisi, Ada Asuransi

2. Jenis kendaraan

Selain harga kendaraan, jenis kendaraan juga menjadi salah satu faktor yang menentukan biaya asuransi mobil. OJK sendiri membedakan rate premi asuransi mobil berdasarkan jenis kendaraannya, yaitu:

- Kategori Jenis Kendaraan Non Bus dan Non Truk

- Jenis Kendaraan Bus

- Truck, dan Pickup

- Dan Jenis Kendaraan Roda Dua

BACA JUGA:Ini Daftar Asuransi Mobil Terbaik All Risk, Buat Nyaman Perjalanan dan Lindungi Segera Kendaraanmu

3. Jenis asuransi yang dipilih

Secara umum, terdapat dua jenis asuransi mobil yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).  Asuransi All Risk memiliki manfaat perlindungan yang lebih luas, termasuk kerusakan akibat tabrakan, pencurian, dan bencana alam. Tidak heran jika biaya premi asuransinya juga lebih mahal. 

Sedangkan untuk asuransi mobil TLO, biaya premi asuransinya lebih rendah karena hanya meng-cover risiko kerusakan total dan kehilangan saja. Selalu pilih jenis asuransi mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu, ya. 

BACA JUGA:Dengan Keunggulan Klaim yang Mudah dan tidak Rumit, Begini Simulasi Asuransi Mobil Sinarmas

Kategori :