7 Trik dan Prasyarat agar Menang Tender atau Kontrak Kerja Proyek Pemerintah

Kamis 25-07-2024,14:43 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 7 trik dan prasyarat agar menang tender atau kontrak kerja proyek pemerintah.

Tender pemerintah adalah peluang kontrak dan kerangka kerja yang diterbitkan oleh organisasi sektor publik untuk barang, jasa, utilitas, dan semua pekerjaan lainnya. 

Dalam hal ini merupakan kesempatan bagi pihak BUMN maupun swasta untuk bersaing dalam penawaran untuk menyediakan barang atau jasa bagi pemerintah pusat maupun daerah.

BACA JUGA:Berdasarkan KUHAP, Ini Hak dan Bentuk Ganti Rugi Bila Jadi Korban Salah Tangkap

Tender pemerintah dapat memberikan peluang bagi bisnis besar dan kecil untuk mendatangkan aliran pendapatan baru dengan kontrak yang aman dan syarat pembayaran yang menguntungkan. 

Pemerintah memiliki tujuan untuk membuat kontrak lebih mudah diakses oleh lebih banyak bisnis. Sekarang bisa menjadi waktu yang ideal untuk mengeksplorasi bagaimana bisnis Anda dapat memperoleh keuntungan.

BACA JUGA:Oknum Polisi Digerebek saat Ngamar Bareng Janda, Istri Lahiran Sendiri

Mengutip dari Indonesia Corruption Watch (ICW) pada tahun 2020 lalu, pemerintah Indonesia membuka sekitar 36,8 ribu tender atau lelang proyek dengan nilai total Rp180,07 triliun. 

Selain itu 4 dari 10 besar penyedia atau vendor pada tahun 2020 adalah BUMN. Mengapa mayoritas penyedia dimenangkan oleh BUMN adalah, karena dari segi kesiapan administrasi, jumlah aset yang dijadikan jaminan, alat dan perlengkapan menjadikan alasan mengapa sebagian besar BUMN memenangkan tender pemerintah.

BACA JUGA:Mengenal Daerah Otonomi Khusus Provinsi Papua, Ini Daftar 5 Keistimewaannya

Dari daftar di atas, hanya ada satu pemenang tender dari pihak swasta, yakni Sino Road and Bridge Group Co. Ltd. Sedangkan sisanya berstatus sebagai BUMN. 

Dalam hal ini pemerintah telah membuat kebijakan dan program yang memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk memenangkannya. 

Maka dari itu, artikel kali ini akan bagaimana cara memenangkan tender pemerintah dan apa saja yang menjadi persyaratannya.

BACA JUGA:Daftar Kerajaan yang Pernah Ada di Bengkulu, Sebelum Era Kolonialisme

7 Cara Memenangkan Tender Pemerintah

Kategori :