Masuk 50 Besar Ajang ADWI 2024, Ini Obyek Wisata Unggulan Desa Jaboi Kota Sabang

Minggu 28-07-2024,15:33 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Masuk 50 besar ajang ADWI 2024, ini obyek wisata unggulan desa Jaboi Kota Sabang.

Desa Wisata Jaboi, Kota Sabang, Aceh berhasil memasuki 50 besar ADWI 2024.  Tahap demi tahap penilaian kurasi dilakukan mulai dari penilaian 500 besar hingga 50 besar.

BACA JUGA:Kaum Adam Wajib Tahu, Ini 8 Cara Ampuh Berhenti Merokok, Pasti Berhasil

Penentuan 3 (tiga) besar akan dilakukan visitas langsung ke desa wisata oleh Menparekraf Bapak Sandiaga Uno.

Diketahui, tahun 2024 ini, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) kembali diselenggarakan dengan mengangkat tema "Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia".

Pada ADWI 2024 Desa Wisata Jaboi masuk dalam tahap penilaian 50 besar. Pemerintah Kota Sabang sekarang mulai gencar memajukan desa/Gampong wisata saat pariwisata berbasis masyarakat, tren Desa wisata sedang dilirik wisata mancanegara dan wisata Nusantara.

Desa Wisata Jaboi merupakan salah satu desa yang mulai berkembang di wilayah Kota Sabang dan juga terkenal dengan sebutan Pulau Weh.  

Selain berlokasi di antara pesisir pantai yang indah dan pengunungan yang menakjubkan, desa wisata Jaboi juga dianugerahi berbagai keunikan alam berupa gunung api aktif yang memiliki 4 kawah, sungai kecil yang mengaliri air panas dan juga air bersih serta laut yang memiliki terumbu karang dengan variasi warna yang luar biasa.   

BACA JUGA:Fakta Penting di Balik Medali Olimpiade Paris 2024, Benarkah Terbuat dari Emas?

Bertemakan Desa Wisata Alam dan Budaya yang Berwawasan Lingkungan, Desa Wisata Jaboi menawarkan kegiatan berwisata berupa menikmati dan berinteraksi dengan alam, wirausaha berbasis masyarakat, kehidupan sosial budaya, aneka seni tradisi dan kearifan lokal yang masih mengakar kuat di masyarakat dengan suasana khas pedesaan serta keramahan masyarakat yang tinggi.

Dengan jumlah populasi sebanyak 893 jiwa pada akhir Februari 2023 lalu, desa wisata Jaboi pada awalnya belum mampu mengandalkan sektor wisata sebagai salah satu upaya untuk mengangkat kesejahteraan ekonomi Masyarakat.

Yang mana ini disebabkan oleh kurangnya motivasi, keterbatasan kemampuan sumber daya manusia, kurangnya sarana dan prasarana pendukung, serta belum adanya pengetahuan dasar tentang pengelolaan wisata sebagai satu sektor yang menjanjikan.

Seiring berjalannya waktu dan pengetahuan, potensi alam yang sangat luar biasa yang ada di Desa Wisata Jaboi pada akhirnya menggerakkan para pemuda dan masyarakat untuk memperjuangkan Desa Jaboi menjadi desa wisata.

BACA JUGA:Waduh! Bantal Canggih Kereta Whoosh Dicuri, PT KCIC Kantongi Profil Pelaku Lewat 44 CCTV

Pemuda dan seluruh masyarakat sadar bahwa sektor Wisata akan mampu memberikan efek yang luar biasa untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga.

Kategori :