Tidak Mengenal Usia, Ternyata Ini Penyebab Anak-anak Terkena Penyakit Diabetes, Waspada!

Minggu 28-07-2024,22:07 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Bahaya diabetes pada anak juga termasuk munculnya gangguan saraf atau disebut sebagai neuropati. Sekali lagi, yang paling berisiko adalah orang yang memiliki kadar glukosa darah tinggi secara konsisten dalam jangka waktu yang lama. 

4. Masalah kesehatan kaki 

Penderita diabetes berisiko mengalami luka yang sulit sembuh karena gula darah tinggi membuat penurunan aliran darah dan munculnya masalah saraf. 

Luka itu sering terjadi pada kaki. Oleh karena itu, kaki penderita diabetes perlu dirawat untuk mencegah masalah di kemudian hari. 

5. Penyakit pembuluh darah (vaskular) 

Orang dengan diabetes memiliki peningkatan risiko terkena penyakit pembuluh darah pada usia dini. Ini meningkatkan risiko anak Anda terkena serangan jantung dan stroke di masa depan. 

BACA JUGA:Terima Laporan Penipuan Jual Beli Mobil, Polisi Langsung Bergerak

6. Tekanan darah tinggi (hipertensi) 

Anak penderita diabetes harus memeriksa rajin memeriksa tekanan darah, setidaknya setahun sekali. Bahaya diabetes pada anak bisa meningkatkan risiko ia terkena tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi berisiko meningkatkan penyakit jantung dan stroke. 

7. Kolesterol 

Bahaya diabetes pada anak lainnya adalah memiliki kolesterol tinggi di kemudian hari. Kondisi diabetes meningkatkan risiko anak mengalami masalah kolesterol. 

Sementara, kolesterol bisa meningkatkan risiko aterosklerosisi dan penyakit kardiovaskular (seperti penyakit jantung dan stroke). 

8. Kondisi autoimun 

Anak dengan diabetes, khususnya tipe 1 memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi autoimun lainnya, seperti penyakit tiiroid dan penyakit celiac. 

Untuk mengontrol risiko komplikasi diabetes pada anak ini, disarankan anak melakukan tes darah setiap tahun selama 5 tahun pertama, kemudian dilanjutkan setiap 2 tahun.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab anak terkena diabetes.

Kategori :