Viral di Media Sosial Skibidi Toilet hingga Masuk ke Dalam Kamus Gen Alpha! Ini Penjelasan dan Asal Mulanya

Senin 29-07-2024,08:05 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Tak heran jika beberapa video dari seri ini mendapatkan ratusan juta views, dengan setidaknya 9 video yang mencetak lebih dari 200 juta views. Cerita perang antara toilet berkepala manusia dan cyborg ini pun terus berlanjut hingga episode 74.

Tren Baru di Media Sosial

Popularitas Skibidi Toilet melahirkan banyak konten di media sosial, mulai dari gim, artwork, hingga cerita fan fiction.

Meme ini juga diiringi dengan popularitas lagu mashup antara "Give It to Me" dari Timbaland dan "Dom Dom Yes Yes" milik seniman Bulgaria, Biser King. Lagu ini menjadi musik tema Skibidi Toilet dengan lirik "Brrr skibidi dop dop yes yes", diambil dari lirik lagu "Give It to Me" yang dipercepat.

Istilah "skibidi" pun menjadi sangat populer di kalangan Generasi Alpha. Meski belum memiliki arti yang baku dan universal, istilah ini digunakan dalam berbagai kalimat untuk menambah kesan lucu atau konyol.

BACA JUGA:Ini Jenis Kopi Asal Indonesia yang Berhasil Mendunia, Cek Apakah Ada Kopi dari Daerah Asalmu?

Contohnya, ada yang mengatakan "skibidi" sebelum membahas hal-hal yang konyol, atau menyelipkannya dalam kalimat sehari-hari.

Kritik dan Kekhawatiran dari Generasi Tua

Di sisi lain, Skibidi Toilet juga menimbulkan sorotan miring dari generasi yang lebih tua. Banyak orang tua yang khawatir animasi ini bisa menyebabkan degradasi akal sehat, mental, hingga moral anak-anak. 

Di Rusia, seorang pria bahkan melaporkan video Skibidi Toilet ke otoritas setempat karena khawatir akan dampak buruknya terhadap anak-anak. Otoritas Rusia pun sempat melakukan investigasi terkait video ini.

BACA JUGA:Di Pasar Global Kopi Robusta dan Arabica Melonjak Tinggi di Tahun 2024, Apa Beda Keduanya?

Kekhawatiran serupa juga muncul di Indonesia. Banyak video beredar yang menunjukkan anak-anak menirukan unsur-unsur dari Skibidi Toilet, seperti menyanyikan lagunya, menggelengkan kepala, hingga berdandan menyerupai karakter animasi tersebut. 

Istilah "Skibidi Toilet Syndrome" pun muncul, mengacu pada keyakinan bahwa anak-anak yang menonton video ini akan mengalami perubahan perilaku, seperti kesal saat dilarang menonton atau bertindak seperti karakter dalam animasi.

Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan. Dalam video Skibidi Toilet, terdapat beberapa unsur kekerasan yang mungkin tidak pantas ditonton oleh anak-anak. 

BACA JUGA:Tidak Mengenal Usia, Ternyata Ini Penyebab Anak-anak Terkena Penyakit Diabetes, Waspada!

Selain itu, karakter Skibidi Toilet kadang tampil dengan mimik mengerikan yang bisa membuat anak-anak takut. Di forum Reddit, ada orang tua yang bercerita bahwa anaknya menjadi takut menggunakan toilet karena animasi ini.

Kategori :