Vaksin Polio Wajib Diberikan Kepada Bayi, Namun jika Dilakukan 2 kali Ini Efeknya!

Selasa 30-07-2024,17:58 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Menurut buku Asuhan Kebidanan Gawat Darurat Pada Anak karya Siti Mudlikah, SST., M.Kes, umumnya imunisasi polio suntik diberikan 1 kali pada usia 4 bulan dan yang terakhir usia di antara 4-6 tahun agar kekebalannya terbentuk semakin sempurna.

Sementara itu, dosis kedua imunisasi polio dilakukan setidaknya 1-2 bulan setelah dosis pertama. Perlu diingat bahwa imunisasi polio tidak boleh diberikan kepada bayi yang menderita diare dan penyakit parah.

Imunisasi polio sebanyak 2 kali juga dapat menimbulkan efek samping. Namun, efek ini tidak jauh berbeda dengan imunisasi polio yang pertama.

Menurut Kid's Health Your Child's Immunization Polio Vaccine, demam dan diare jadi efek imunisasi polio yang sering terjadi. Selain efek samping tersebut, ada beberapa anak kecil yang menunjukkan gejala alergi.

BACA JUGA:Ini Jenis Kopi Asal Indonesia yang Berhasil Mendunia, Cek Apakah Ada Kopi dari Daerah Asalmu?

Oleh karena itu, sebelum melakukan imunisasi polio pada anak, ada baiknya melakukan konsultasikan kepada dokter.

Manfaat Imunisasi Polio

Menurut laman resmi dari WHO (World Health Organization), manfaat imunisasi polio adalah untuk menguatkan imunitas anak terhadap virus polio. Virus polio sangat berbahaya hingga dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak hingga orang dewasa.

Apabila sudah diberikan saat usia kanak-kanak, vaksin ini tidak perlu lagi diberikan saat usia dewasa. Imunisasi polio di Indonesia menjadi gerakan yang penting untuk mengurangi risiko penyebaran polio di sekitar.

Indonesia merupakan negara yang tergolong tinggi penyebaran polionya. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI terus menggalakkan program imunisasi anak polio ini untuk mengobati dan mengurangi penyebaran polio.

BACA JUGA:Di Pasar Global Kopi Robusta dan Arabica Melonjak Tinggi di Tahun 2024, Apa Beda Keduanya?

Dosis dan Waktu Pemberian Vaksin Polio

Berdasarkan jadwal vaksin polio yang dikeluarkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), umumnya vaksin polio diberikan pada usia ketika bayi baru lahir dan secara bertahap hingga usianya 18 bulan.

Lantas, berapa kali vaksin polio diberikan? Dosis utama untuk vaksin polio adalah sebanyak empat kali dan vaksin booster satu kali.

Meski begitu, vaksin polio juga bisa diberikan kepada orang dewasa yang belum pernah mendapatkannya. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing dosis vaksin bagi anak-anak dan orang dewasa.

Anak-Anak

Kategori :