Harga Kopi Robusta dan Arabika Melonjak, Sampai Kapan Harga Kopi Masih Mahal?

Senin 29-07-2024,21:16 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMharga-kopi robusta dan arabika melonjak, sampai kapan harga kopi masih mahal?

Kopi merupakan minuman favorit untuk dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia.  Bahkan menurut data International Coffee Organization (ICO), hingga akhir 2021 Indonesia tercatat sebagai negara dengan konsumsi kopi terbesar kelima di dunia dengan jumlah mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kilogram.

Dari berbagai varietas kopi yang dibudidayakan yang paling popular adalah kopi robusta dan kopi arabika.  Meskipun saat diolah memiliki rasa yang hampir mirip, kedua kopi tetap memiliki beberapa perbedaan.

BACA JUGA:Kenapa Harga Kopi Bisa Mahal, Ini Beberapa Faktor yang Paling Memengaruhi

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

1. Berdasarkan sejarah

Kopi arabika ditemukan di Ethiopia dan dipopulerkan oleh orang Arab dan tersebar ke seluruh penjuru dunia.  Kopi robusta ditemukan di Afrika dan dibawa oleh Belanda untuk dibudidayakan secara besar-besaran di Indonesia. 

Biji kopi arabika merupakan jenis kopi yang pertama dikonsumsi sedangkan kopi robusta baru ditemukan kurang lebih 100 tahun setelah arabika.  Sehingga tak heran jika kopi arabika mampu menguasai pangsa pasar hingga 70% di dunia.

2. Bentuk biji kopi

Lopi arabika mempunyai bentuk biji oval, lonjong dan pipih dengan ukuran lebih besar dan garis lipatan tengahnya lebih tegas.  Sedangkan biji kopi robusta umumnya lebih kecil dan bundar, warna lebih pucat, lipatan di bagian tengahnya kurang terlihat jelas.

BACA JUGA:Initip Prediksi Harga Kopi di Tahun 2025, Makin Naik Atau Anjlok

3. Rasa dan Aroma

Kopi arabika memiliki rasa yang bervariasi seperti rasa buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian serta memiliki aroma yang cenderung floral. Kopi robusta memiliki rasa pahit dan beraroma earthy dan nutty.

4. Tingkat Kafein

Kopi arabika memiliki kandungan kafein yang lebih kecil yaitu sebesar 1,1% hingga 1,5% sedangkan kopi robusta memiliki kandungan kafein sebesar 2,2% hingga 2,7%.  Untuk itu bagi pecinta kopi yang ingin tetap terjaga di malam hari maka minumlah kopi robusta.

Kategori :