Peringatan BMKG, Ada 10 Wilayah Aceh Siaga Bencana Alam, Dampak Cuaca Ekstrem

Selasa 30-07-2024,10:28 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Peringatan bmkg, ada 10 wilayah Aceh siaga bencana alam dampak cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan untuk masyarakat di 10 kabupaten/kota di Provinsi Aceh untuk waspada terhadap berbagai potensi bencana hidrometeorologi yang dipicu oleh kondisi cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG 30-31 Juli 2024, Wilayah Ini Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

Prakiraan BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Stya Juangga Dirta di Aceh Besar, menyampaikan bahwa hasil analisis dan prakiraan angin di lapisan 3.000 kaki menunjukkan adanya potensi daerah belokan dan pertemuan angin di barat-selatan Aceh. 

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konventif yang dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang, serta dapat menyebabkan banjir, tanah longsor dan gelombang laut tinggi,” kata Stya.

Stya juga menambahkan bahwa kondisi ini diperkuat oleh fenomena gelombang Rossby ekuator, sebuah gelombang atmosfer yang membawa massa udara basah dan bergerak ke arah barat di sepanjang wilayah ekuator.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG 30-31 Juli 2024, Wilayah Ini Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Gelombang ini biasanya bertahan 7-10 hari di wilayah Indonesia dan mendukung pertumbuhan awan konvektif yang dapat menyebabkan hujan berkepanjangan dan luas.

Peringatan Ini Berlaku Mulai 28 Juli hingga 3 Agustus 2024

Melansir laman resminya, daerah yang perlu siaga terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan banjir, longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi meliputi:

BACA JUGA:Prakiraan BMKG 30 Juli 2024, 11 Wilayah Ini Diprediksi dan Berpotensi Hujan Lebat

1. Kabupaten Aceh Jaya

2. Aceh Barat

3. Nagan Raya

4. Aceh Barat Daya

Kategori :