Tak Kalah Berbahaya dari Inflasi, Ini Dampak Deflasi Bagi Masyarakat dan Kehidupan

Jumat 02-08-2024,10:06 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tak kalah berbahaya dari inflasi, ini dampak deflasi bagi masyarakat dan kehidupan.

Mungkin Anda jarang mendengar kata deflasi, karena masalah yang sering dibahas adalah inflasi.

Inflasi dan deflasi memiliki definisi yang bertolak belakang, deflasi adalah kebalikan dari inflasi.

BACA JUGA:Update Klasemen Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024, Jumat 2 Agustus, Amerika Geser Tuan Rumah

Sementara inflasi merupakan fenomena kenaikan harga barang, deflasi adalah periode ketika harga-harga secara umum jatuh, dan nilai uang bertambah. Penurunan harga barang ini menyebabkan terjadinya peningkatan nilai pada mata uang.

Sekilas harga-harga barang dan jasa yang lebih terjangkau tampak menguntungkan bagi konsumen. Terjadinya deflasi kerap kali dianggap jalan untuk menghemat pengeluaran.

Namun serupa dengan inflasi, deflasi bisa jadi pisau bermata dua. Hal ini merugikan atau berdampak negatif, terutama pada produsen dan penyedia jasa.

Deflasi yang terjadi secara ekstrim akan menyebabkan macetnya aktivitas pasar. Penurunan harga barang dan jasa memiliki probabilitas kerugian untuk produsen dan penyedia jasa, karena penjualan tak mampu menutup berbagai beban usaha, seperti biaya produksi dan biaya operasional. Alhasil, tak jarang perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk mengakali pengeluaran dalam periode deflasi.

Risiko ini berbanding lurus dengan tingkat deflasi di suatu negara. Oleh karena itu, deflasi adalah seringkali dikaitkan dengan kondisi resesi.

BACA JUGA:Tapal Batas Diduga Jadi Penyebab, 2 Petani Kopi di Seluma Kritis Akibat Tebasan Parang

Deflasi kerap terjadi ketika kondisi perekonomian sedang lesu. Roda perekonomian yang berputar lambat atau bahkan macet tak terelakan karena permintaan konsumsi dan investasi yang terjun payung.

Deflasi adalah keadaan yang menunjukkan daya beli uang meningkat dalam masa tertentu karena jumlah uang yang beredar reltif lebih kecil dibandingkan jumlah barang dan jasa yang tersedia.  

Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, arti deflasi sendiri secara sederhana yaitu Ketika terjadi penurunan harga barang dan jasa terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Jenis-jenis Deflasi

Disinflasi dibagi menjadi dua jenis yaitu:

Kategori :