Tak Kalah Berbahaya dari Inflasi, Ini Dampak Deflasi Bagi Masyarakat dan Kehidupan

Jumat 02-08-2024,10:06 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Agar kondisi perekonomian suatu negara tidak semakin parah, berikut cara mengatasi deflasi adalah:

1. Mengimplementasikan kebijakan moneter

Yang pertama, cara mengatasi deflasi adalah dengan menerapkan kebijakan moneter. Kebijakan moneter merupakan kebijakan yang dilakukan oleh Bank Sentral (Bank Indonesia) dengan menambahkan jumlah uang yang beredar dalam masyarakat.

2. Politik diskonto

Selanjutnya, cara mengatasi deflasi adalah melalui kebijakan politik diskonto. Ini merupakan kebijakan dari Bank Sentral dengan menurunkan tingkat suku bunga bank sehingga masyarakat akan menarik tabungan dari bank.

Menurunnya tingkat suku bunga akan membuat investor menarik sejumlah dana dan memilih mencari laba melalui bisnis konvensional. Sehingga jumlah uang yang beredar dalam masyarakat akan bertambah.

BACA JUGA:15 Kecamatan yang Dilintasi Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Ini Daftarnya

3. Menerapkan kebijakan fiskal

Ketiga, cara mengatasi deflasi adalah lewat penerapan kebijakan fiskal. Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka mengatasi disinflasi. Bentuk kebijakan berupa pengelolaan dan pembuatan strategi agar kondisi perekonomian menjadi lebih baik. Selain itu, pemerintah juga mengatur dan memperbarui pendapatan dan pengeluaran negara.

4. Menerapkan kebijakan non-moneter

Terakhir, cara mengatasi deflasi adalah dengan mengimplementasikan kebijakan non moneter atau kebijakan yang terjadi secara alamiah atas kesadaran tingkah laku masyarakat.

Demikian mengenai informasi dampak deflasi bagi masyarakat dan kehidupan. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :