Tak Kalah Berbahaya dari Inflasi, Ini Dampak Deflasi Bagi Masyarakat dan Kehidupan

Jumat 02-08-2024,10:06 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

1. Deflasi sirkulasi

Kondisi ini terjadi akibat adanya perubahan dari kesuksesan perekonomian menjadi kemunduran perekonomian. Kondisi ini terjadi karena daya produksi dan konsumsi tidak seimbang. Sehingga harga barang menurun.

Kondisi ini terjadi karena jumlah produksi barang yang sama secara berlebihan. Akibatnya adanya penurunan harga yang signifikan dalam kebutuhan masyarakat.

Pada tahun 2008 pernah terjadi kondisi demikian. Banyak negara memproduksi minyak mentah sehingga hasil produksi berlebihan. Akibatnya harga minyak menjadi turun drastis. Kondisi ekonomi tidak terkendali sehingga banyak negara mengalami disinflasi.

BACA JUGA:Redmi Pad SE 4G Vs Xiaomi Pad 6, Berikut Perbandingan Spesifikasi dan Harga Terbarunya

2. Deflasi strategis

Kondisi ekonomi yang menunjukkan akibat strategi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dan Bank Sentral tidak berhasil.

Salah satu penyebab utamanya karena adanya kebijakan menurunkan tingkat suku bunga yang dikeluarkan oleh Bank Sentral dan pemerintah. Akibatnya banyak orang berlomba-lomba menabung di Bank agar mendapatkan bunga yang tinggi.

Namun kondisi ini mengakibatkan peredaran uang menjadi langka dan menyebabkan penurunan harga secara terus menerus. Sehingga kondisi perekonomian negara menjadi tidak stabil.
Lalu, apa saja dampak dari deflasi?

BACA JUGA:Instruksi Gubernur Soal Pembagian Ijazah, jika Tidak Diambil Murid, Sekolah Wajib Antar ke Rumah

Dampak Deflasi

Jika suatu negara tidak segera mengatasinya segera, maka negara tersebut akan mengalami resesi dan kesulitan ekonomi. Sebab ada banyak sekali dampak deflasi yang dirasakan baik positif atau negatif, diantaranya:

Dampak Positif

- Masyarakat mendapatkan harga barang yang murah.

- Membiasakan hidup hemat bagi masyarakat.

- Nilai mata uang rupiah lebih menguat.

Kategori :