Cara Menanam Mangga agar Cepat Berbuah, Dijamin Berhasil

Minggu 04-08-2024,13:44 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

5. 1 sendok makan pupuk NPK Mutiara (opsional).

BACA JUGA:Kabar Gembira, PLN Beri Promo Tambah Daya hanya Rp 170.845, Ini Masa Berlakunya

Langkah-langkah:

1. Siapkan Air Kolam: Gunakan 1 liter air kolam bekas yang telah berwarna hijau karena plastik. Jangan perlu difermentasikan jika air sudah hijau.

2. Tambahkan Susu: Campurkan air kolam dengan satu sachet susu Indomilk atau susu bubuk kering. Nutrisi susu akan memberikan keunggulan pada pupuk organik.

3. Aduk Micin: Tambahkan 2 sendok makan micin (bisa menggunakan Sasa atau merek lain) ke dalam campuran. Aduk hingga merata.

4. Pupuk Phonska: Hancurkan 2-3 sendok makan pupuk Phonska dan tambahkan ke dalam campuran. Jika tersedia, tambahkan 1 sendok makan pupuk NPK Mutiara untuk pertumbuhan lebih optimal.

5. Aduk Rata: Pastikan semua bahan tercampur rata. Jika konsistensinya terlalu kental, tambahkan sedikit air biasa atau air cucian beras.

BACA JUGA:Jangan Sampai Tertipu, Ini 4 Cara Mendeteksi QRIS Palsu, Pahami

6. Fermentasi: Diamkan campuran selama minimal dua minggu untuk fermentasi. Simpan dalam jerigen atau botol-botol tertutup.

7. Pengecoran: Setelah fermentasi, tambahkan air cucian beras dalam perbandingan 1 liter campuran dengan 5 liter air biasa. Cocokkan takaran pupuk organik dengan kebutuhan tanaman.

8. IAplikasi: Siramkan pupuk organik ini pada pohon mangga yang masih kecil, baik di polybag maupun di kebun-kebun. Pemupukan dilakukan dua minggu sekali hingga satu bulan sekali.

Pupuk organik ini, meski sederhana, telah memberikan hasil positif pada pertumbuhan dan pembungaan tanaman mangga. Semoga bermanfaat.

 

Sheila Silvina

Kategori :