Jangan Coba 10 Cara Alami Ini Kalau Tidak Mau Masalah Wajah Berminyak Hilang dalam Sekejab

Minggu 04-08-2024,21:45 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jangan coba 10 cara alami ini kalau tidak mau masalah wajah berminyak hilang dalam sekejab.

Stres berkepanjangan, konsumsi junk food, serta kurang tidur adalah beberapa penyebab muka berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan.

Penyebab Muka Berminyak dan Berjerawat

Mencerahkan hari dengan kulit bersih dan segar menjadi idaman setiap orang. Tetapi, pertarungan setiap hari dengan jerawat dan kulit berminyak bisa membuat kita merasa frustasi. Ketahui apa penyebabnya, agar kamu lebih baik dalam menanggulangi hal tersebut.

BACA JUGA:Ini 15 Langkah Rahasia Memutihkan Wajah Secara Alami dalam Waktu Satu Minggu, Murah dan Aman

1. Perubahan Hormon

Hormon punya peranan penting dalam mengatur sejumlah fungsi tubuh, termasuk produksi sebum atau minyak oleh kelenjar sebaceous. Selama periode tertentu seperti pubertas, menstruasi, atau kehamilan, terjadi fluktuasi hormon yang bisa menyebabkan peningkatan produksi sebum. Dengan demikian, kulit akan tampak lebih berminyak dan berpotensi menyebabkan jerawat.

2. Faktor Genetik

Faktanya, faktor genetik memainkan peran yang signifikan dalam menentukan tipe kulit seseorang. Jadi, jika kedua orangtuamu memiliki kulit berminyak, ada kemungkinan besar kamu juga akan mewarisinya. Ini karena karakteristik kulit berminyak, termasuk kecenderungan untuk memiliki pori-pori yang lebih besar dan kelenjar sebaceous yang lebih aktif, bisa diturunkan dari generasi ke generasi.

BACA JUGA:Bye Bye Skin Care Mahal, 5 Buah Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Sehat dan Terlihat Awet Muda

3. Cuaca

Cuaca di sekitarmu juga berperan penting dalam kondisi kulitmu. Cuaca yang panas dan lembab, misalnya, bisa memicu munculnya kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak sebum, menjadikan kulit menjadi berminyak dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat.

4. Makanan Tertentu

Konsumsi makanan kaya lemak dan gula, seperti junk food, dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dan memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sebum. Selain itu, makanan olahan dan tinggi gula juga bisa mengganggu insulin dan meradang kulit, yang pada gilirannya bisa mulai merangsang peningkatan produksi sebum dan akhirnya menyebabkan breakout.

BACA JUGA:Siapa Sangka 6 Buah Ini Bisa Menjaga Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Sehat dan Glowing Lho

Kategori :