Jangan Coba 10 Cara Alami Ini Kalau Tidak Mau Masalah Wajah Berminyak Hilang dalam Sekejab

Minggu 04-08-2024,21:45 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

5. Faktor Stres

Stres jangka panjang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Hormon ini dapat merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga kulit menjadi berminyak dan memicu terjadinya jerawat.

6. Kurang Tidur

Ketika kamu tidak mendapatkan cukup tidur, tubuhmu mulai memproduksi lebih banyak hormon stres, termasuk kortisol. Seperti yang telah disebutkan di atas, hormon ini akan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum, yang bisa menyebabkan kulit berminyak dan jerawat.

BACA JUGA:Ini Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Wajah, Salah Satunya Bisa Bikin Tampak Awet Muda dan Fresh

7. Perawatan Wajah yang Salah

Terakhir, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak tepat untuk tipe kulitmu bisa merusak kulit dan memperburuk kondisi kulit berminyak dan berjerawat. Ini bisa terjadi jika produk yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan yang dapat menutupi pori-pori, merangsang produksi sebum, atau mengiritasi kulit, sehingga memicu jerawat.

Cara Alami Hilangkan Masalah Wajah Berminyak

Berikut beberapa cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mencuci wajah secara rutin

Mencuci wajah secara teratur dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Gunakan sabun yang lembut seperti sabun gliserin. Hindari sabun yang mengandung wewangian, atau bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit. Pastikan untuk mencuci wajah dua kali sehari.

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, coba untuk menepuk-nepuk kulit dengan handuk lembut. Hindari loofah dan waslap kasar, karena menambahkan gesekan dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.

BACA JUGA:Ini Tanda-tanda Orang Memakai Susuk, Wajahnya Selalu Teringat Sampai Terbawa Mimpi

2. Gunakan astringent

Astringents cenderung mengandung konsentrasi alkohol yang lebih tinggi dibanding toner. Astringent dapat membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Astringen diformulasikan untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit. Astringent berfungsi mengangkat kelebihan minyak pada kulit yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Banyak produk astringent yang dijual bebas di pasaran. Kamu juga bisa menggunakan astringent alami seperti witch hazel dan mentimun.

3. Gunakan kertas penyerap minyak

Kategori :