Cara Cek Skor Kredit Secara Online Melalui SLIK OJK, Mudah dan Praktis

Senin 05-08-2024,09:10 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Mulai dari penulisan data pribadi, nomor rekening dan lain sebagainya. Pengecekan ini dilakukan untuk meminimalisir penolakan pinjaman.

2. Hindari Pembuatan Kartu Kredit Baru

Agar skor kredit tidak semakin menurun, hindari pembuatan kartu kredit baru. Jangan terlalu termakan oleh promosi atau penawaran menarik lainnya.
Biasakan untuk tidak menggunakan credit card lebih dari 30% limit kredit.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Smartwatch Garmin Murah dan Awet, Cocok untuk Pemula

3. Jangan Lupa Membayar Tagihan

Untuk mendapatkan skor kredit yang baik, Anda harus membayar tagihan tepat waktu. Jangan sampai, Anda lupa hingga membuat tunggakan pembayaran.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa membuat reminder melalui smartphone atau fitur pembayaran tagihan secara otomatis yang disediakan oleh bank terkait.

4. Membuat Perhitungan Keuangan yang Matang.

Agar kondisi keuangan Anda tetap stabil, pastikan untuk membuat perhitungan yang matang sebelum mengambil sebuah pinjaman.

Pastikan juga bahwa Anda mampu membayar tagihan tersebut sesuai jangka waktu yang telah ditentukan agar tidak ada tunggakan nantinya.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa credit score adalah sistem penilaian kelayakan calon peminjam menggunakan beberapa metriks tertentu. Contohnya seperti jumlah kredit yang pernah dimiliki, kepemilikan beban kredit dan seberapa sering menunggak pembayaran.

Selain mengetahui tentang credit score, mempelajari jenis-jenis kredit juga sangat penting dalam membantu Anda memilih produk kredit yang tepat.

Demikianlah informasi tentang Begini cara mengecek Skor Kredit secara online Melalui SLIK. Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Kategori :