Lagi Cari Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan? Ini 7 Pilihannya, Ada Honda Jazz

Kamis 08-08-2024,09:04 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Dari harga pasaran yang ada, nanti Anda bisa mengajukan penawaran dengan nilai jauh di bawah harga. Tapi ingat, tetap logis dalam menawar rendahnya.

Cara tawar menawar seperti ini biasanya terjadi pada dealer mobil bekas. Setelah cocok dengan harga, proses selanjutnya yaitu memeriksa kondisi kendaraan, baik fisik atau mesinnya.

Pastikan mobil yang Anda pilih kondisinya masih sehat semuanya. Apabila ada kerusakan, ini jadi poin Anda untuk kembali menawar harga dengan alasan perbaikan.

BACA JUGA:Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-79, Monumen Ibu Fatmawati Dihiasi Bendera Merah Putih Sepanjang 18 Meter

2. Memeriksa Kondisi Eksterior dan Interior Mobil

Lakukan pengecekan kondisi mobil bekas tersebut dengan cermat. Bila perlu, bawa rekan yang mengerti mesin dan mobil untuk membantu memeriksa kondisinya.

Masing-masing mobil berbeda perlakuan, ada yang mahal dalam perawatan mesin dan komponen. Sebaliknya, ada juga mobil yang lebih murah dalam perawatan mesin tapi mahal untuk body repair.

Pastikan, kondisi mesin dan bodi sehat agar Anda tidak terbebani banyak perbaikan setelah membelinya.
Pertama periksa bagian eksterior. Periksa dengan teliti kondisi cat mobil. Perhatikan apakah ada titik-titik karat, penyok atau goresan. Lihat permukaan sisi mobil dari ujung ke ujung.

BACA JUGA:Profil Aleksandra Miroslaw Peraih Medali Emas Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024, Pemegang Rekor Dunia

Jika ada yang bergelombang itu tandanya bagian tersebut sudah pernah dicat ulang karena itu bekas dempul yang kurang rata. Jika ada bagian yang kasar, bisa jadi itu adalah bekas lakban penutup saat cat ulang.

Jangan lupa periksalah knalpot mobilnya. Jika ada bercak oli di ujung pipa itu menandakan masalah besar.
Ketika Anda menyalakan mesin dan keluar asap putih (bukan efek cuaca dingin), maka ini pun merupakan pertanda buruk dari kerusakan bagian mesin karena oli rembes ke ruang bakar.

Merasa cukup dengan urusan bagian luar, maka pemeriksaan dilanjutkan ke bagian dalam. Periksa panel-panel apakah tetap utuh dan catnya masih cerah. Lalu periksa juga bagian jok, apakah ada sobekan, lubang atau kerusakan lainnya.

Saat duduk di kursi pengemudi periksa kondisi lampu-lampu yang ada. Hal ini termasuk sensor parkir, kamera parkir, sistem audio dan sebagainya.

BACA JUGA:Indonesia Gagal Raih Medali Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024, Ini Update Klasemen Medali 7 Agustus

3. Periksa Kondisi Mesin

Apabila knalpot bersih, bukan berarti Anda abai soal kondisi mesin. Anda perlu tetap memeriksa kondisinya baik secara visual atau suara.

Kategori :