Rumah Susi Pudjiastuti Terbakar, Gudang Kayu dan 1 Unit Mobil Hangus, Ini Dugaan Penyebab Kebakaran

Kamis 08-08-2024,10:11 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Ia memulai dengan menjadi pengepul ikan, memasarkan ikan hasil tangkapan dengan berkeliling menggunakan sepeda. Setiap keuntungan yang diperoleh digunakan untuk mengembangkan bisnisnya.

Usaha gigihnya berbuah hasil dengan berdirinya PT ASI Pudjiastuti Marine Product, sebuah pabrik pengolahan ikan yang memproduksi berbagai jenis produk seperti ikan pelagis beku, lobster beku, udang beku, dan ikan demersal beku. Bisnisnya berkembang pesat hingga mampu mengekspor produk-produk perikanannya ke Amerika Serikat.

Kesuksesannya tidak membuat Susi berhenti berkembang. Pada tahun 2004-2005, ia mendirikan maskapai penerbangan Susi Air untuk mengangkut produk perikanannya, meminjam dana sebesar Rp 47 miliar untuk membeli dua unit pesawat Cessna dan membangun landasan pacu di Pangandaran.

Susi Air kini memiliki 49 armada pesawat dan melayani berbagai tujuan, bahkan menjadi pesawat pertama yang mendarat di Aceh untuk mengangkut bantuan bagi korban tsunami pada tahun 2004.

BACA JUGA:Profil Deng Lijuan Peraih Medali Perak Panjang Tebing Olimpiade Paris 2024

Karir di Pemerintahan
Pada tahun 2014, Susi Pudjiastuti diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo. Selama menjabat, ia dikenal sebagai pemimpin yang tegas dengan slogan terkenalnya, "Tenggelamkan," yang merujuk pada kebijakannya menenggelamkan kapal-kapal ilegal yang mencuri sumber daya laut Indonesia.

Susi juga dikenal sebagai menteri pertama dengan latar belakang pendidikan hanya hingga SMA, namun keberaniannya melawan berbagai tekanan mendapat banyak apresiasi.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada tahun 2019, total kekayaan Susi Pudjiastuti diperkirakan mencapai Rp 78 miliar.

Aset terbesar berupa tanah dan bangunan di Kabupaten Ciamis dan Jakarta Selatan, serta beberapa bidang tanah hasil warisan di Ciamis.

Selain itu, ia juga memiliki 6 unit mobil dan 8 unit motor, dengan aset lainnya berupa surat berharga, uang kas, dan setara kas.

BACA JUGA:Promo Spesial 8.8 Agustus 2024, Nikmati Potongan Harga Spesialnya, Ini 11 Pilihannya

Kebakaran yang terjadi di kediaman Susi Pudjiastuti tentunya menambah duka, namun kisah hidup dan perjuangannya tetap menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Dari memulai bisnis dengan modal kecil hingga menjadi seorang menteri yang disegani, Susi Pudjiastuti telah membuktikan bahwa ketekunan dan keberanian dapat membawa seseorang mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Sheila Silvina

Kategori :