7 Ciri-ciri Hubungan Toxic, Nomor 4 Umum Terjadi dalam Hubungan

Kamis 08-08-2024,21:45 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Selain terbuka dengan pasangan, Anda juga bisa mencoba bantuan konseling pasangan untuk membuat hubungan jadi lebih terbuka.

BACA JUGA:Masya Allah, Ternyata Ini Pahala Bagi Seorang Istri yang Melayani Permintaan Suami untuk Berhubungan

4. Cari akar masalah

Terkadang, perlakuan buruk yang menimbulkan hubungan toxic dengan pasangan bisa terjadi karena masalah yang sebenarnya tidak berasal dari hubungan.

Misalnya, berawal dari masalah keluarga, pekerjaan, dan lainnya. Coba cari akar masalah ini dan lihat dampaknya kepada hubungan Anda. Lalu, coba perbaiki.

BACA JUGA:Setelah Berhubungan Suami Istri Apakah Boleh Langsung Tidur? Begini Penjelasan Buya Yahya

5. Terapi

Jika hubungan toxic terjadi karena ada hal yang salah dari diri Anda, misalnya trauma di masa lalu atau bertambahnya tekanan, namun diri belum bisa menerima.

Cobalah untuk melakukan terapi dengan para ahli. Hal ini mungkin bisa 'menyembuhkan' Anda agar bisa memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan.

BACA JUGA:Jangan Lakukan! Ini 2 Waktu yang Dilarang Berhubungan Suami Istri Menurut Islam

Lantas, dari mana asal-usul kata toxic ini jadi kata populer untuk menggambarkan kepribadian seseorang?

Psikolog dari Universitas Indonesia Rose Mini Agoes Salim menyebut istilah toxic sebenarnya belum masuk sebagai istilah psikologi.

Namun, ini menjadi populer karena kerap digunakan atau dilabelkan oleh orang awam atas hubungan tidak sehat yang mereka jalani.

Senada dengan Rose Mini, Andry, psikiater di Klinik Psikosomatik OMNI Hospital Alam Sutera juga membenarkan hal tersebut.

"Belakangan ini ya (baru ramai soal istilah toxic), 5 tahun belakangan, istilah psikologi ini sebenarnya jadi lebih berkembang. Dalam pelajaran kami juga, di buku textbook itu nggak ada itu istilah toxic positivity, toxic relationship. itu adalah bahasa psikologi populer," kata Andry.

BACA JUGA:Apakah Boleh Berhubungan Suami Istri di Dalam Kamar tapi Ada Anak Sedang Tidur?

Kategori :