Kemensetneg Bantah Harga Sewa Mobil untuk Upacara HUT RI di IKN Rp 25 Juta per Unit!

Jumat 09-08-2024,12:38 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

Sehingga dengan mempertimbangkan faktor keamanan, agar kejadian serupa tidak terulang, otoritas IKN memperketat masyarakat umum berkunjung untuk sekadar melihat atau piknik di kawasan.

"Kami tidak melarang tapi mengarahkan pada titik-titik tertentu, terbatas, tidak tertutup banget. Kami mengecek dalam rangka sistem safety concern," ujar Danis.

BACA JUGA:Bahaya! 8 Makanan Ini Dapat Menjadi Pemicu Kanker Otak, Nomor 7 Paling Sering Dikonsumsi

2. HUT RI di IKN dimulai pukul 11.00 Wita dan tetap ada dentum meriam                   

Menurut Hadi, seperti upacara kemerdekaan di Istana Negara Jakarta, perayaan HUT RI di IKN juga akan dimeriahkan dentum meriam dan atraksi pesawat pembawa bendera merah putih. Namun rangkaian lainnya lebih sederhana, karena dilakukan hybrid dengan Jakarta.

"Kalau waktu sama saja ya. Di sini karena lebih cepat satu jam, waktunya menyesuaikan dengan Jakarta. Kalau Jakarta detik-detik proklamasi dimulai pukul 10.00 WIB, kalau di IKN jam 11.00 Wita," kata Hadi.

3.  Tinggal 10 persen lagi pembangunan Istana Negara IKN rampung

Pembangunan Istana Ibu Kota Negara (IKN) tinggal 10 persen lagi dan diharapkan selesai sebelum 17-an. Saat ini tim yang bertanggungjawab sedang melakukan finishing di beberapa sudut.

Lantai Istana Negara  dilapisi marmer lokal dari Ujung Pandang. Pada bagian lain dihiasi corak bunga putih abu-abu. Sementara dindingnya dilapisi serat daun pisang. Terdapat beberapa pintu berwarna coklat tua yang kokoh. 

Terdapat 34 pilar yang menopang Istana yang melambangkan gotong royong 34 provinsi yang ada di Indonesia.

"Karena saat dibangun jumlah provinsinya masih 34 belum 38 seperti sekarang, ini jadi simbol yang kokoh," katanya.

Selain itu terdapat juga ruang Credensial yang penamaannya sama dengan Istana Negara di Jakarta. Ruang ini menjadi tempat presiden menerima tamu negara, pelantikan pejabat negara dan sebagainya. 

Di Istana Negara juga terdapat ruang khusus penyimpanan bendera pusaka dan kamar pribadi presiden. Sedangkan ruang kerja presiden ada di Istana Garuda yang berada di belakang Istana Negara.

Posisi Istana Garuda dan Istana Negara satu garis lurus dengan Taman Kusuma Bangsa, di mana terdapat tiang bendera setinggi 79 meter dan titik nol IKN.

Demikianlah ulasan mengenai, Kemensetneg bantah harga sewa mobil untuk upacara di IKN Rp 25 juta per unit!

 

Kategori :