Penting Diketahui, Ini 8 Bahaya Polusi Udara untuk Wajah, Begini Cara Mengatasinya

Rabu 14-08-2024,15:33 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Bahaya polusi udara pada wajah berikutnya adalah penuaan dini. Penuaan dini ditandai dengan kulit wajah tampak kusam, kering, dan muncul keriput atau garis-garis halus pada wajah. Namun, selain polusi udara, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh paparan sinar UV secara berlebihan.

8. Kanker Kulit

Kulit manusia, tak terkecuali kulit wajah dapat menyerap berbagai senyawa berbahaya yang terkandung di dalam polusi udara. Jika dibiarkan dalam waktu lama, risiko terjadinya kanker kulit pun akan meningkat.

Di samping itu, bahaya polusi bagi kulit ini juga bisa semakin besar apabila seseorang sering terpapar sinar matahari atau sinar UV secara berlebihan setiap hari. Jadi, gunakanlah topi dan tabir surya untuk melindungi wajah ketika beraktivitas di luar ruangan, terutama saat terik matahari.

BACA JUGA:Hati-hati! Banyak Nomor dan Akun Palsu, BRI Imbau Nasabah Kenali Akun dan Kontak Resmi

Cara Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Polusi

Penting untuk diingat, bahaya polusi udara akan semakin meningkat jika kulit terpapar sinar matahari. Kendati demikian, dampak buruk polusi udara bagi kulit tetap bisa dicegah. Berikut sejumlah cara untuk mencegahnya:

1. Rutin bersihkan kulit

Disarankan dr. Astrid, cara mencegah efek polusi bagi kulit adalah dengan rutin membersihkan kulit, setidaknya dua kali sehari.

2. Hindari merokok

Kamu juga perlu berhenti merokok atau menghindari paparan asap rokok agar dampak polusi udara bagi kulit tidak semakin buruk. Selain merusak sel tubuh bagian dalam, merokok juga bisa memengaruhi kesehatan kulit.

BACA JUGA:Hati-hati! Banyak Nomor dan Akun Palsu, BRI Imbau Nasabah Kenali Akun dan Kontak Resmi

3. Konsumsi makanan bergizi

Jangan lupa, konsumsi makanan bergizi yang kaya akan antioksidan, seperti bayam, wortel, tomat, jeruk, atau sayur dan buah lainnya. Makanan ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan melawan radikal bebas akibat polusi udara.

4. Aplikasikan Tabir Surya

Untuk mengurangi dampak dari paparan sinar matahari, sebaiknya Kamu menggunakan tabir surya atau sunscreen. Produk ini dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Kategori :