Peserta CPNS Tahun 2024 Wajib Ikut Tes SKD, Apa Itu SKD? Ini Penjelasannya

Kamis 15-08-2024,10:11 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Mengenai Passing Grade

Setiap peserta tes harus bisa meraih nilai pencapaian passing grade yang telah ditentukan untuk bisa lulus dalam seleksi SKD ini. 

Jika mengacu pelaksanaan tes CPNS berdasarkan Permenpan RB Nomor 29 Tahun 2014, maka pelaksanaan tes CPNS akan menggunakan Sistem CAT CPNS dengan lama waktu pengerjaan selama 90 menit dan jumlah soal sebanyak 100 soal.

BACA JUGA:Kenapa Link Sscasn.Bkn.Go.Id Belum Bisa Dibuka? Ini Penyebabnya, Padahal Pendaftaran Dimulai 20 Agustus

Nilai kelulusan CPNS sendiri akan ditentukan berdasarkan passing grade. Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi adalah 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP. 

Passing Grade Tes Intelegensi Umum adalah 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU. Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK.

Setelah lulus Tes Kompetensi Dasar atau SKD, pelamar yang lolos passing grade akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. SKB adalah tes yang bertujuan menguji wawasan peserta CPNS seputar bidang yang akan digeluti.

BACA JUGA:Benarkah Dosa Anak Perempuan Tidak Berhijab Ditanggung Orang Tua? Ini Penjelasannya

Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS dan CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas bimbel akses.

Dengan metode bimbingan belajar Online dan Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT.

BACA JUGA:Hai Ciwi-ciwi, Ini Daftar Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori, Wajah Auto Mulus

Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses.

Jenis Materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara atau BKN Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, terdapat beberapa materi seleksi kompetensi dasar, yakni:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia, yakni:

Kategori :